Kami sampaikan kabar untuk anda

China Catat Kasus Baru Corona Tertinggi, Gelombang II Mulai?

Foto: AP/Mark Schiefelbein

Jakarta – Pemerintah China melaporkan 57 kasus baru virus corona pada Minggu (14/6/2020) yang merupakan angka tertinggi sejak April 2020.

Mengutip straits times, Minggu (14/6/2020) laporan ini semakin menimbulkan rasa khawatir akan gelombang kedua dari pandemi global ini.

Virus corona yang terjadi di wilayah China sebagian besar berhasil dikendalikan dengan menerapkan lock down atau penguncian wilayah. Namun, kasus terbaru dari wabah ini dikaitkan dengan pasar yang menjual daging dan sayuran di Beijing Selatan.

Komisi Kesehatan Nasional mengatakan, dari kasus baru tersebut 36 diantaranya adalah berasal dari penularan lokal.

Dua provinsi dengan kasus penularan yang sama dilaporkan pada Minggu di Provinsi Liaoning Timur. Dimana pejabat kesehatan setempat mengatakan jika warga tersebut dekat dengan kasus-kasus di Beijing.

Kasus baru infeksi domestik ini telah mendorong kebijakan lockdown, dimana orang-orang diharuskan untuk tetap tinggal di rumah, khususnya 11 komplek perumahan yang lokasinya dekat dengan pasar.

Kasus-kasus ini merupakan yang pertama dalam dua bulan terakhir di Beijing. Berdasarkan laporan pandangan mata, jurnalis AFP melihat ratusan petugas yang merupakan polisi, menggunakan masker dan sarung tangan. Puluhan polisi dan militer dikerahkan di pasar.

Kasus-kasus baru ini telah memicu kekhawatiran, khususnya tentang rantai pasok makanan. Otoritas pengawasan pasar Beijing memerintahkan untuk melakukan inspeksi keamanan makanan di seluruh kota yang fokus pada area daging segar, beku, unggas dan ikan di supermarket, gudang serta catering.

Sementara untuk kegiatan olahraga, makan bersama dan grup wisata lintas provinsi telah dihentikan. Adapun untuk kasus sisanya berasal dari warga negara China yang baru kembali dari luar negeri. berasal./CNBC Indonesia

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.