Kami sampaikan kabar untuk anda

Penambahan kasus positif nol. Persentase kesembuhan tertinggi di Indonesia. Indra Yovi ungkap rahasia khusus perawatan pasien covid-19 di Riau

“tidak memakai masker itu memalukan, tidak memakai masker itu tidak keren, dan tidak memakai masker itu kampungan”

Foto: tangkapan layar laman youtube/detikriau.org

Pekanbaru, detikriau.org – Provinsi Riau hari ini kembali dilaporkan tidak adanya penambahan kasus konfirmasi positif covid-19 baru. Total kasus positif tetap 120 orang, dimana 7 orang masih dirawat, 107 orang sembuh dan 6 meninggal dunia.

Disampaikan oleh juru bicara covid-19 Riau, dr Indra Yovi, PDP yang masih dirawat menurun menjadi 50 orang dan ODP yang masih dalam proses pemantauan sebanyak 3.586 orang.

“Persentase kesembuhan pasien positif kita tertinggi di Indonesia. Sebenarnya terapi yang kita berikan sama dengan pemberlakuan terapi di seluruh tanah air yakni sesuai dengan standar dari Kementrian Kesehatan dan WHO,” Dikatakan Indra dalam siaran pers di Pekanbaru disampaikan secara online melalui  laman youtube.

Namun menurut penilaian Indra, yang membedakan hanya dalam tambahan pemberlakuan. Disebutkannya, sejak mulai bumingnya pemberitaan kasus-kasus covid-19, hampir semua saluran berita memberitakannya, hal ini diyakininya akan dapat meningkatkan tingkat stress pasien yang sedang menjalani perawatan.

“makanya kita sempat meminimalisir informasi perkembangan kasus covid yang masuk diruang perawatan, tujuannya tidak lain untuk meminimalisir tingkat stress pasien. Ada yang namanya stress aksidatif. Jika meningkat maka akan dapat menurunkan tingkat imunitas.”

“Jangankan pasien positif, yang PDP saja yang dirawat tingkat stressnya tinggi. Apalagi pasien juga tidak bisa melihat langsung wajah perawat karena semuanya memakai APD lengkap. Kita sikapi dengan berbagai cara untuk menekan tingkat stress mereka. Kadang kita sempatkan untuk bercengkarama dengan mereka,” Ujar Indra

“Cara-cara ini juga dikabarkan tim gugus tugas provinsi kepada seluruh Kabupaten Kota yang melakukan perawatan pasien,” ditambahkan Indra

Indra juga mengingatkan kepada seluruh masyarakat Riau untuk tetap selalu waspada. Pencatatan kasus menggembirakan perkembangan covid-19 di Riau diminatanya agar tidak menjadi penyebab kelalaian.

Indra juga mengajak masyarakat untuk membiasakan menggunakan masker. Masyakar diajak agar menganggap orang yang tidak menggunakan masker itu sebagai orang aneh dan kampungan.

“jadikan kebiasaan untuk menanamkan dalam diri masing-masing bahwa tidak memakai masker itu memalukan, tidak memakai masker itu tidak keren, dan tidak memakai masker itu kampungan,” Ajak Indra

Indra juga mengingatkan bahwa gelombang kedua pandemic covid-19 itu ada, dan oleh karenanya masyarakat diimbau untuk lebih berhati-hati.

Dalam kesempatan itu Indra juga menyampaikan ucapan terimakasih tak terhingga dari Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Riau kepada seluruh pihak yang terlibat secara langsung, terutama yang telah berani mempertaruhkan diri masuk keruang perawatan pasien untuk menjalankan tanggungjawabnya.

Reporter: fsl

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.