Kami sampaikan kabar untuk anda

Dua hari lonjakan kasus positif baru diatas 1000 orang, Ini alasannya menurut pemerintah

Jakarta, detikriau.org – Pemerintah Indonesia kembali melaporkan penambahan konfirmasi positif covid-19 dengan catatan kasus harian tertinggi. Rabu (10/6)

Satu hari sebelumnya, penambahan kasus positif sebanyak 1.043 orang, hari ini, jumlahnya meningkat menjadi 1.241, sehingga secara total kasus positif di Indonesia menjadi 34.316 orang, dimana sebanyak 12.129 orang berhasil sembuh dan 1.959 orang meninggal dunia.

Penambahan sebanyak 1.241 kasus baru ini dikatakan juru bicara pemerintah perihal penanganan covid-19, dr Achmad Yurianto didapatkan dari hasil pemeriksaan sebanyak 17.757 spesimen. Akumulasi spesimen yang sudah diperiksa sebanyak 446.916.

Yurianto menjelaskan, peningkatan tajam penambahan kasus positif ini disebabkan tracing yang dilakukan secara agresif. Hal ini menurutnya bisa dilihat bahwa sebagian besar penambahan kasus baru didapatkan dari spesimen yang dikirim dari Puskesmas atau Dinas Kesehatan, tidak dikombinasi dengan specimen yang dikirim oleh rumah sakit.

“Ini adalah bukti bahwa memang tracing secara agresif bisa menangkap banyak kasus yang positif. Yang kita inginkan pasien positif ini bisa melakukan isolasi dengan sebaik-baiknya agar tidak menjadi sumber penularan bagi orang lain,” Disampaikan Yurianto dalam siaran pers secara online melalui laman youtube, rabu

Dirincikan Yurianto, penambahan kasus positif terbanyak terjadi di Jawa Timur dengan  273 kasus, disusul Sulawesi Selatan dengan 189 kasus, DKI Jakarta 157, Jawa Tengah 139, dan Kalimantan Selatan dengan 127 kasus.

Sementara 15 provinsi melaporkan penambahan kasus baru dibawah 10 dan Enam Provinsi tidak melaporkan adanya penambahan kasus positif baru.

“Secara keseluruhan memang masih meningkat angkanya tetapi jika dilihat sebaran provinsi sebagian besar sudah terlihat stabil,”kata Yurianto

Dirjen P2P Kemenkes RI ini kembali mengajak untuk memahami bahwa penularan memang masih terjadi. Artinya kata dia, masih ada orang sakit yang tidak melakukan isolasi diri dengan baik dan masih ada masyarakat yang rentan karena perilakunya dengan tidak menerapkan protokol kesehatan dengan baik.

Reporter: fsl

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.