Kami sampaikan kabar untuk anda

Filipina Tak Buka Sekolah Hingga Vaksin Corona Ditemukan

Foto: Presiden Filipina Rodrigo Duterte (Andrew Harnik / Pool via REUTERS)

Manila – Pandemi Covid-19 telah mengubah berbagai aspek dalam kehidupan. Salah satunya dalam sektor pendidikan.

Pemerintah Filipina pun memutuskan tidak akan membuka sekolah tatap muka hingga vaksin corona baru penyebab Covid-19 ditemukan. Demikian disampaikan Menteri Pendidikan Filipina Leonor Briones dalam pernyataan resminya, Senin (8/6/2020).

“Kami akan mematuhi arahan presiden (Presiden Filipina Rodrigo Duterte) untuk menunda kelas tatap muka sampai vaksin tersedia,” katanya seperti dikutip AFP.

Menurut Briones, tahun ajaran baru sekolah dari tingkat dasar hingga atas akan dimulai pada akhir Agustus. Filipina akan menggunakan metode pembelajaran jarak jauh via internet atau siaran TV jika diperlukan.

Jutaan masyarakat di Filipina hidup dalam kemiskinan. Mereka pun memiliki akses berupa komputer maupun laptop di rumah. Padahal, gawai merupakan kunci utama pembelajaran jarak jauh secara online.

“Guru dan sekolah harus menyesuaikan … tergantung pada ketersediaan komunikasi,” kata Briones.

Menurut jadwal, pendaftaran online untuk lebih dari 25 juta siswa SD dan SMP dimulai awal bulan ini untuk tahun ajaran yang tertunda. Normalnya, tahun ajaran di Filipina berlangsung antara Juni hingga April.

Perihal vaksin, para ilmuwan di seluruh dunia terus berlomba mengembangkan vaksin Covid-19. Namun, belum terang vaksin racikan produsen mana yang terbukti dan didistribusikan dalam skala besar.

Kabar baik disampaikan raksasa farmasi Inggris, AstraZeneca pekan lalu. Mereka mengklaim sudah berada di jalur yang tepat untuk meluncurkan vaksin pada September nanti jika percobaan yang sedang berlangsung sekarang terbukti sukses mengobati penyakit yang disebabkan virus corona baru tersebut.

sumber: CNBC Indonesia

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.