Kami sampaikan kabar untuk anda

Korut Ancam Akan Membuat Korsel Menderita

lustrasi. Wilayah DMZ yang memisahkan Korut dan Korsel. (AFP/Ed Jones)

Jakarta — Korea Utara mengancam akan membuat Korea Selatan menderita dan akan menutup kantor penghubung dengan Korsel karena selebaran anti-Pyongyang dikirim melintasi perbatasan kedua negara.

“Yang pertama, kami pasti akan menarik kantor penghubung bersama Utara-Selatan,” kata seorang pejabat unifikasi Korut, yang menangani hubungan antar-Korea, dalam sebuah pernyataan, dikutip dari kantor berita Korut KCNA, Jumat (5/6)

Ia mengatakan bahwa penutupan kantor itu dapat diikuti oleh “berbagai tindakan” untuk menghukum Seoul.

Peringatan keras ini adalah yang kedua dalam beberapa hari terakhir. Penyebabnya kemungkinan adalah kejengkelan Korut karena menganggap Korsel tak bisa menghentikan ulah para pembelot (warga Korut yang melarikan diri ke Korsel) mengirimkan selebaran lewat balon udara ke wilayah Korut.

Selebaran itu biasanya berisi kritik atau catatan pelanggaran hak asasi manusia dari rezim pemimpin KorutKim Jong-un.

Sebelumnya pada Kamis lalu, saudara perempuan Jong-un, Kim Yo-jong, mengancam akan membatalkan perjanjian militer yang disepakati pada 2018 lalu karena persoalan yang sama.

Sementara itu para pejabat Korsel mengatakan mereka akan mendorong undang-undang yang melarang kegiatan penyebaran selebaran yang dilakukan oleh para pembelot. Namun rencana ini memicu perdebatan tentang potensi pelanggaran kebebasan berekspresi di negara itu.

Kantor penghubung kedua negara sendiri saat ini memang tengah ditutup terkait pandemi virus corona.

CNN Indonesia

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.