Kami sampaikan kabar untuk anda

Tinggal Tunggu Terompet, Ribuan Tentara India dan Tiongkok Siap Perang

Ilustrasi Tiongkok-India. Foto: economic times india

Ketegangan antara Tiongkok dan India di perbatasan Lembah Galwan terus meningkat.

Mengutif Times of India dilansir JPNN, menyikapi ribuan pasukan Tiongkok telah merangsek sekitar 3 km ke wilayah India di bagian Tenggara Galwan, atau Danau Pangong yang masuk dalam Line of Actual Control (LAC).

Pasukan Tiongkok diketahui telah mendirikan ratusan barak di sekitar perbatasan, termasuk kemungkinan membangun banker dan memarkir sejumlah kendaraan berat.

Tidak mau mundur dan memilih menantang, India juga memutuskan pengerahan ribuan pasukan Batalion Infantri Angkatan Darat.

Menyusul pada 5 Mei dan 9 Mei lalu, pasukan India dan Tiongkok bentrok di lokasi pembangunan infrastruktur Negeri Tirai Bambu itu, di Lembah Galwan. Dilaporkan, sekitar 100 tentara India dan Tiongkok terluka.

Sengketa perbatasan India-Tiongkok mencakup LAC sepanjang 3.488 km. Tiongkok mengklaim Arunachal Pradesh sebagai bagian dari Tibet selatan sementara India membantahnya.

Oleh karena itu, ketegangan dipicu ketika pemerintah Tiongkok menganggap tentara pertahanan India telah menghalangi patroli dan operasi pasukan perbatasan Tiongkok.

Sementara itu, Kementerian Luar Negeri India membantah anggapan Tiongkok itu, dia justru menuduh bahwa militer Beijing yang menggangu perbatasan dan menghalangi patroli militer India di sepanjang LAC, di Lembah Galwan. 

Beberapa hari lalu, tepatnya pada 23 Mei, Panglima Angkatan Darat India, MM Naravane, sempat mendatangi pangkalan militer India di Ladakh secara langsung untuk merespons ketegangan yang terjadi di perbatasan Lembah Galwan.

Sejauh ini, pimpinan militer Tiongkok dan India sudah dua kali mengalami kebuntuan dalam pembicaraan perdamaian di Lembah Galwan.

Alhasil, kedua negara bersikeras mempertahankan pendirian masing-masing. Jadi, sangat mungkin peperangan besar antarkedua negara terjadi dalam waktu tidak lama lagi. 

 

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.