Kami sampaikan kabar untuk anda

Bukan Pelonggaran Tapi Pengurangan PSBB, Maksudnya Apa Sih?

Foto: Suasana di Tanah Abang, Jakarta, Senin (18/5/2020). (CNBC Indonesia/Tri Susilo.)

Jakarta – Presiden Joko Widodo memimpin rapat terbatas tentang percepatan penanganan Covid-19, Senin (18/5/2020). Fokus presiden adalah mengurangai pembatasan sosial.

“Jadi mengurangi pembatasan sosial berskala besar atau PSBB dalam rangka untuk meningkatkan atau memulihkan produktivitas, di satu sisi. Dan di satu sisi juga wabah Covid-19 tetap bisa dikendalikan, tetap ditekan hingga nanti sampai pada antiklimaksnya akan selesai, terutama ketika telah ditemukannya vaksin,” ujar Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dalam konferensi pers setelah ratas.

Menurut dia, Jokowi juga menekankan kepada semua pihak siap siaga menghadapi era normal baru. Di mana situasi nanti akan berbeda dengan normal sebelumnya lantaran harus hidup bersama-sama dengan virus corona baru penyebab Covid-19.

“Untuk itu kemudian bapak presiden telah menetapkan perlunya ada kajian yang cermat dan terukur dan melibatkan banyak pihak untuk mempersiapkan tahapan-tahapan pengurangan pembatasan sosial atau tahap-tahap pengurangan PSBB,” kata Muhadjir.

Dalam sesi tanya jawab, Ia bilang kalau tidak ada pelonggaran PSBB, melainkan pengurangan pembatasan.

“Tapi dikaji seperti yang disampaikan PMK, jangan diartikan pelonggaran semau gw, padahal protokol kesehatan harus diperketat misalnya restoran dibuka tapi gak seperti sebelum Covid, harus menaati datang makan di restoran,” ujar Muhadjir.

“Detail semua bidang yang dikurangi pembatasan sedang digodok dan dikompilasi Kemenkes dan gugus tugas. Jadi protokol di resto, saat ibadah, bagaimana datang di acara-acara yang pengunjungnya banyak itu harus ditaati itu new normal. Salat Jumat berjamaah akan beda dengan sebelum new normal,” lanjutnya.

CNBC Indonesia

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.