Kami sampaikan kabar untuk anda

Kalsel Catat Angka Sembuh Covid-19 Terbanyak dalam Sehari, tapi Ada Pula 15 Kasus Baru

Jubir GTPP Covid-19 Kalsel, H M Muslim

BANJARBARU – Sebanyak 18 pasien positif Covid-19 (Virus Corona) di Provinsi Kalimantan Selatan dinyatakan sehat dan dipulangkan Selasa (12/5/2020).

Angka ini merupakan angka kesembuhan yang terbesar sejak pertamakali adanya pasien yang terkonfirmasi positif Virus Corona di Kalsel.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kalsel, HM Muslim, menjelaskan bahwa dengan sembuhnya 18 orang ini maka total ada 58 orang yang sembuh dari Covid-19 di Kalsel sejak awal kasus sampai saat ini.

“Karena itu saya dari gugus tugas apresiasi kinerja para petugas medis yang terus bekerja dan merawat para pasien, sehingga hari ini ada 18 orang yang sembuh, total keseluruhan sudah ada 58 orang yang sembuh,” tandas pria yang juga Kadinkes Kalsel tersebut.

Dirincinya yang sembuh masing-masing berasal dari Kabuoaten Tanah Laut 3 orang, kemudian Kabuoaten Banjar, HSS, Tanah Bumbu, dan Banjarmasin masing-masing 1 orang, serta Banjarbaru sebanyak 11 orang.

“Untuk yang 11 orang ini sembuh dan dipulangkan dari Karantina di Ambulung,” kata dia.

Selain melaporkan kasus sembuh Muslim juga menjelaskan ada penambahan 15 kasus baru yang terkonfirmasi positif Covid-19, sehingga secara keseluruhan ada 277 kasus.

Disampaikan Muslim, dari 15 kasus itu hari ini juga ada 4 pasien yang terkonfirmasi positif virus corona yang meninggal. Mereka berasal dari Banjarmasin 3 orang dan Kabupaten Batola 1 orang.

Muslim menyampaikan bahwa agar warga tetap diam dirumah, jika keluar pakai masker dan rajin cuci tangan. “Kami mengimbau dan mengajak masyarakat untuk memanjatkan do’a, terlebih di bulan Ramadan, agar musibah wabah Covid-19 segera berlalu,” lontarnya.

* PSBB Banjarbaru-Banjar, Dandim Martapura Sebut Tidak Lakukan Jam Malam

Jelang PSBB Kabupaten Banjar ketua satgas pengamanan PSBB Banjarbaru dan Kabupaten Banjar yang juga Dandim 1006/Martapura Letkol Arm Siswo Budiarto mengatakan pelaksanaan pengamanan dibagi menjadi tiga sistem dengan tujuan agar tidak ada duplikasi.

Pengamanan Perbatasan (pamtas) gabungan Kabupaten Banjar dan Banjarbaru ada tiga titik yaitu:  SPBU Gubernur Soebardjo, Batas kota dan Q Mall, dan Indomaret di Sungai Ulin.

Sementara untuk wilayah khusus Kabupaten Banjar ada empat titik yaitu: wilayah Sungai Lulut di simpang empat sungai Tabuk, pal 7 depan Giant, Basirih dan Jalan A Yani Pasar Astambul.

Petugas yang akan bertugas pada titik tesebut dari Brimob, Denzipur, TNI AU Lanud Syamsudinnoor, Dinas Perhubungan dan BNPB.

Sedangkan untuk wilayah Banjarbaru terdiri dari empat titik yakni SPBU Kilometer 17, u turn kompleks citra grha, SPBU Landasan Ulin Selatan jurusan Pelaihari, Simpang tiga Bangkal Cempaka, dan karang Anyar amaco.

Bagi warga Banjarbaru yang bekerja di Kabupaten Banjar ataupun sebaliknya jelas Letkol Arm Siswo dalam Vidcon kemarin maka harus membawa surat pengantar RT atau dari surat tugas dari kantor.

Meski disebut gabungan, Letkol Arm Siswo menegaskan, PSBB gabungan Banjarbaru dan Kabupaten Banjar tersebut tetap terpisah.

Warga tak bisa keluar masuk antara Banjarbaru dan Kabupaten Banjar.

Pengamanan pelaksanaan PSBB yang bersifat pembatasan sosial atau keramaian dan lain-lain dilaksanakan oleh Satpol PP dengan didukung Kodim, Polres dan Kejaksaan.

Berbeda dengan PSBB di Banjarmasin, Dandim menegaskan pihaknya tidak akan melaksanakan jam malam, tapi akan menjaga 24 jam selama 14 hari pertama secara penuh.

“Dan saya memohon kepada masyarakat, PSBB ini membutuhkan anggaran besar,  maka harus didukung masyarakat agar PSBB ini berjalan optimal,” tegasnya.

Ditanya terkait jalan kecil atau jalan tikus di Kabupaten Banjar dan Banjarbaru terangnya pihaknya tak menjaga jalan tikus.

Jalan tikus nantinya akan dikoordinasikan dengan kelurahan, desa dan RT agar bisa menjaga wilayahnya masing-masing.

 

Artikel ini telah tayang di banjarmasinpost.co.id dengan judul UPDATE : Kalsel Catat Angka Sembuh Covid-19 Terbanyak dalam Sehari, tapi Ada Pula 15 Kasus Baru, https://banjarmasin.tribunnews.com/2020/05/12/update-kalsel-catat-angka-sembuh-covid-19-terbanyak-dalam-sehari-tapi-ada-pula-15-kasus-baru?

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.