Kami sampaikan kabar untuk anda

Dua kasus positif covid-19 baru di Inhil, juga masuk klaster Ponpes Magetan. Keduanya Tanpa Gejala

“Penyebaran santri warga Inhil yang berasal dari Pondok Pesantren Al-fatah Temboro, Magetan, Jawa Timur berada di 4 kecamatan, yakni Keritang, Reteh, Pelangiran dan Kemuning.”

Tembilahan, detikriau.org – Gugus tugas percepatan penanganan covid-19 Inhil melaporkan adanya penambahan dua kasus komfirmasi positif baru di Inhil, yaitu seorang pria berinisial ZA (22) dan seorang perempuan berinisial Kh (16) warga Kecamatan Pelangiran.

Kedua pasien positif ke 6 dan ke 7 di Inhil itu saat ini dirawat dan diisloasi di Rumah Sakit Raja Musa di Sungai Guntung Kecamatan Kateman.

“Kondisi kedua pasien baik. Artinya tanpa gejala,” disampikan Ketua Tim Medis Covid-19 Inhil, dr Alexis yang saat itu didampingi kadis Kesehatan Inhil Zainal Arifin dan Direktur RSUD Puri Husada Tembilahan dr Saut Pakpahan dalam konfrensi pers di posko humas covid-19 inhil kantor Diskominfops, kamis

Dr Aleksis juga menerangkan bahwa kedua pasien positif baru ini merupakan santri yang baru pulang dari pondok pesantren magetan Jawa Timur.

Sebelumnya dilanjutkan dr Aleksis, hasil pengujian pertama swab pasien ke-7 negatif. Hasil positif diketahui setelah dilakukan uji swab kedua.

Dengan ini,  Dinas Kesehatan Inhil segera melakukan tracing riwayat kontak pasien ke-6 dan pasien ke-7 positif Covid-19.

“Tracing dilakukan bekerjasama dengan pihak TNI/Polri, perangkat kecamatan dan Tokoh Masyarakat setempat guna mengantisipasi penyebaran Covid-19,” tutur dr Alexis.

Berdasarkan hasil pemetaan sementara, diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Inhil, Zainal Arifin, teridentifikasi penyebaran santri yang berasal dari Pondok Pesantren Al-fatah Temboro, Magetan, Jawa Timur berada di 4 kecamatan, yakni Keritang, Reteh, Pelangiran dan Kemuning.

“Ini hasil sementara. Kami akan terus melakukan penelusuran terkait keberadaan santri asal Ponpes Al-fatah Temboro, Magetan, Jawa Timur ini,” tutur Zainal.

Dengan dua tambahan kasus positif ini, di Inhil saat ini terdata sebanyak 7 kasus komfirmasi positif. Dua orang dirawat di RS Raja Musa Guntung dan Empat orang di RS Puri Husada Tembilahan serta satu orang lainnya meninggal dunia.

Sementara Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang tengah dirawat berjumlah 19 orang. 20 orang PDP lainnya dinyatakan negative dan sudah dipulangkan./fsl

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.