Kami sampaikan kabar untuk anda

4 Tewas, Pemerintah Pulangkan 14 WNI Jadi ABK di Kapal China

Foto: Jasad WNI ABK China Dibuang ke Laut (Screenshot youtube MBCNEWS)

Jakarta – Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi buka suara atas tindak lanjut Anak Buah Kapal (ABK) Indonesia yang bekerja di kapal berbendera Tiongkok. Retno mengatakan bahwa para ABK Indonesia yang berada di Busan segera dipulangkan ke Tanah Air.

“Terkait penanganan awak kapal yang masih di Busan jadi ada 15 ABK yaitu 14 ABK ditambah 1 yang meninggal. Langkah-langkah yaitu memfasilitasi kepulangan ABK yaitu 8 Mei 2020,” kata Retno dalam Virtual Confrence, Kamis (7/5/2020).

Tidak hanya itu, KBRI juga berkoordinasi untuk memfasilitasi almarhum E di tanggal yang sama. Sementara itu, ada beberapa langkah untuk penyelidikan Long Xing dan Tian Yu.

KBRI Seoul juga sedang mendampingi 14 ABK WNI di Busan untuk mengambil keterangan. Kementerian Luar Negeri juga sedang melakukan pembicaraan dengan Dubes Tiongkok di Jakarta untuk menyampaikan keprihatinan pemerintah Indonesia atas permasalahan ABK WNI di kapal Tiongkok.
Adapun 3 pesan utama yang disampaikan Kemlu adalah:

1.Terkait dengan pelarungan atau penguburan di laut atas 3 crew Indonesia. Pemerintah Indonesia kembali meminta klarifikasi dan mendapatkan informasi yang valid apakah penguburan tersebut sudah dilakukan sesuai standar ILO.

2.Pemerintah Indonesia menyampaikan keprihatinan atas kondisi kehidupan di kapal yang tidak sesuai dan dicurigai menyebabkan kematian 4 ABK WNI

3.Meminta dukungan pemerintah Tiongkok untuk membantu pemenuhan tanggungjawab perusahaan atas hak awak kapal Indonesia termasuk pembayaran gaji yang belum dibayarkan dan juga kondisi kerja yang aman.

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.