Kami sampaikan kabar untuk anda

Rizal Ramli: Tanpa Corona, Ekonomi Indonesia Sudah Merosot

Foto: Rizal Ramli (Detikcom/ Agung Pambudhy)

Jakarta – Mantan Menteri Koordinator Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Industri Rizal Ramli mengomentari pertumbuhan ekonomi Indonesia triwulan I-2020 yang tercatat hanya 2,97%. Dalam konteks ini, Rizal tidak setuju jika pandemi Covid-19 dijadikan alasan di balik buruknya realiasi pertumbuhan PDB RI.

Menurut dia, tanpa ada pandemi Covid 19, ekonomi Indonesia sudah diramal akan tumbuh melambat, yaitu di kisaran 5,0%. Indikasinya adalah kemerosotan indikator ekonomi makro macam defisit transaksi berjalan (CAD), neraca perdagangan, dan sebagainya.

“Nah mumpung ada corona, disalahkanlah corona. Padahal tanpa itu pun sebetulnya ekonomi Indonesia sudah merosot,” kata Rizal dalam wawancara dengan CNBC Indonesia, Rabu (6/5/2020).

Ia pun mengaku khawatir dengan jumlah cadangan devisa Indonesia. Berdasarkan data Bank Indonesia, cadev pada akhir Maret 2020 turun US$9,4 miliar dari US$130,4 miliar menjadi US$121 miliar.

“Cadev kita enam bulan terakhir kan dari pinjam, bukan dari produktivitas impor ekspor, tapi kebanyakan pinjam,” ujar Rizal.

Lebih lanjut, eks Kepala Bulog ini membenarkan pandemi Covid-19 berdampak terhadap pencapaian ekonomi sepanjang tahun. Namun, dampaknya tidak akan besar jika pemerintah merespons lebih lekas.

“Ambil langkah-langkah lebih awal, gak pura-pura kebal, dampaknya bisa diperkecil,” kata Rizal.

CNBC Indonesia

Tagged as: , ,

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.