Kami sampaikan kabar untuk anda

Pemprov Riau telusuri rombongan santri klaster Ponpes Magetan

“Empat santri asal inhil dan satu asal Bengkalis dinyatakan positif covid-19”

Kepala Diskes Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir di Gedung Daerah Provinsi Riau, Senin (4/5/2020).

Pekanbaru, detikriau.org – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Riau akan menelusuri rombongan  santri yang baru saja pulang dari Pondok Pesantren Magetan, Provinsi Jawa Timur (Jatim). Sebab, santri yang terpapar Covid-19 dari klaster Ponpes Magetan ini juga sangat banyak, termasuk di Riau.

“Rombongan santri yang dari Ponpes Al Fatah Temboro Magetan ini kemarin pemulangannya mandiri. Berbeda dengan rombongan santri dari Pesantren Lirboyo yang kami terima di MTQ dan didata bulan kemarin,” kata Kepala Diskes Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir di Gedung Daerah Provinsi Riau, Senin (4/5/2020).

Makanya, kata Mimi, Diskes harus melakukan tracing (melacak) untuk mengetahui berapa jumlah para santri dari Ponpes Magetan yang pulang ke Riau tersebut.

“Sampai sejauh ini, beberapa santri Ponpes Magetan asal Riau yang telah dinyatakan positif Covid-19 ada di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) dan Bengkalis. Ini akan kami tanyakan juga ke santrinya, teman santrinya yang orang Riau dimana saja tinggalnya untuk memudahkan tracing,” ujarnya.

Mimi merincikan, bahwa saat ini sudah ada lima orang warga Riau yang pulang dan berkaitan dengan klaster Ponpes Magetan yang telah dinyatakan positif Covid-19.

Pertama, pasien SAR (19) atau pasien ke-41dinyatakan positif Covid-19 di Riau pada 29 April 2020 lalu. SAR, santri asal Inhil ini dinyatakan positif Covid-19 usai pulang dari Ponpes Magetan, pada 12 April 2020 lalu.

Kedua, pasien B (27) atau pasien ke-48 positif Covid-19 di Riau. warga Inhil. B juga memiliki riwayat perjalanan dari Magetan pada 18 April 2020. “Sehingga pasien B ini dari klaster Pondok Pesantren (Ponpes) Magetan, Jatim,” sebutnya.

Ketiga, pasien S (17) atau pasien ke-49 positif Covid-19 di Riau, warga Inhil dan sudah diisolasi di Inhil. “S memiliki riwayat perjalanan dari Magetan pada 12 April 2020. Juga termasuk klaster Ponpes Magetan Jatim,” ujarnya.

Keempat, pasien A (26) atau pasien ke-50 positif Covid-19 di Riau, merupakan warga Inhil dan sudah diisolasi di Inhil. “A memiliki riwayat perjalanan dari Magetan pada 14 April 2020 dan merupakan Klaster Ponpes Magetan Jatim,” jelasnya.

Kelima, pasien YG (23) atau pasien ke-51 positif Covid-19 di Riau, warga Kabupaten Bengkalis dan sudah diisolasi di Bengkalis. “Pasien YG juga dari Klaster Ponpes Magetan Jatim,” sebutnya./*

 

Sumber: Media Center Riau   Editor: Am

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.