Kami sampaikan kabar untuk anda

Pemkab Inhil longgarkan kebijakan “tanpa meja dan kursi” untuk rumah makan, warung kopi dan cafe. Ini syaratnya !

Tembilahan, detikriau.org – Bupati Inhil HM Wardan memperbolehkan pengusaha rumah makan, warung kopi dan cafe membuka usaha dengan memberikan pelayanan ditempat kepada pelanggannya, namun dengan keharusan memenuhi sejumlah persyaratan.

Pelonggaran kebijakan “tanpa meja dan kursi” ini tertuang dalam Surat Edaran Bupati Inhil Nomor  93/SATPOL.PP/IV/2020 tentang perubahan atas surat edaran nomor 89/SATPOL.PP/IV/2020 tanggal 17 April 2020 tentang kewaspadaan dan pencegahan penularan covid-19 di Kab Inhil.

“Iya dibolehkan. Namun tetap diutamakan memberikan pelayanan dengan cara dibawa pulang. Tapi jika memang harus memberikan pelayanan ditempat, ada sejumlah ketentuan yang wajib untuk dipenuhi,” disampaikan juru bicara gugus tugas percepatan penanganan covid-19 Inhil, Trio Beni Putra, kamis

Persyaratan yang diberlakukan dalam kaitan meminimalisir penularan covid-19 ini dijelaskan Trio, untuk layanan take away atau dibawa pulang, pengusaha kuliner harus menata kursi antrian pembeli dengan jarak minimal 1,5 meter antar satu kursi dengan kursi lainnya.

Khusus untuk pelayanan di tempat, rumah makan, kedai kopi dan cafe  hanya dibenarkan untuk menempatkan dua buah kursi untuk setiap meja. Sedangkan jarak antara satu meja dengan meja lainnya minimal dua meter.

“Ini untuk tempat usaha dalam kategori di dalam ruangan/indoor. Sedangkan untuk tempat usaha diluar ruangan/out door, jarak antara satu meja dengan meja lainnya minimal tiga meter,” diterangkan Trio

Ketentuan lainnya, ditambahkan Trio, pemilik usaha juga diwajibkan untuk menyediakan tempat cucitangan dan sabun atau handsanitizer.

“pengelola usaha juga diwajibkan untuk menggunakan masker dan sarung tangan saat melayani konsumen,”ditekankan Trio

Disamping membunyikan tentang  ketentuan persyaratan yang diberlakukan untuk pengusaha rumah makan, warung kopi dan cafe atau usaha sejenis ini, SE Bupati Inhil tertanggal 29 April 2020 ini juga berisikan  keputusan tentang perpanjangan status Siaga Darurat Bencana Non Alam Akibat Virus Corona di Kabupaten Indragiri Hilir terhitung mulai tanggal 16 April sampai dengan tanggal 29 Mei 2020.

Dengan perpanjangan status Siaga Darurat Bencana ini, dimintakan agar kegiatan – kegiatan yang melibatkan orang dalam jumlah banyak seperti rapat kerja, rapat koordinasi, seminar/simposium/FGD, kursus dan lain – lain agar ditunda pelaksanaannya;

Kegiatan keramaian pada tempat hiburan seperti Karaoke, Warnet, Permainan Ketangkasan, Permainan Billiard, Tempat Olahraga, Cafe dan Tempat Hiburan lain atau sejenisnya tetap diminta  agar ditutup sementara serta kegiatan lainnya yang melibatkan masa seperti Unjuk Rasa, Pertemuan Sosial, Politik, Budaya, Agama, Festival, Bazaar, Pameran, Pasar Malam, Resepsi Keluarga dan Kegiatan sejenis lainnya agar ditiadakan atau ditunda sampai dengan tanggal 29 Mei 2020.

Pemkab Inhil juga mengimbau kepada semua pihak untuk tenang dan tidak panik, tidak membuat atau menyebarkan informasi yang tidak akurat/hoax dan melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat;

Bagi yang tidak mengindahkan edaran ini, akan dikenakan sanksi berupa penutupan paksa oleh Tim Terpadu Satpol PP beserta TN! dan Polri dalam Upaya Pencegahan Penularan Corona Virus Disease 2019 (COVID – 19) Kabupaten Indragiri Hilir.

reporter: Amrul

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.