Kami sampaikan kabar untuk anda

Efektif mulai besok, mudik lebaran 2020 dilarang. Untuk perjalanan dalam satu wilayah kabupaten, boleh!

Tembilahan, detikriau.org – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kab Inhil, berlakukan  aturan larangan mudik lebaran tahun 2020. Pemberlakuan larangan ini dimaksudkan untuk mencegah penyebaran virus corona atau covid-19.

Peraturan tentang larangan mudik ini diberlakuan untuk perjalanan lintas Kabupaten dan Kota.

“Selama masih berada di dalam satu wilayah Kabupaten, tidak dilarang. Misalnya  masyarakat yang mudik antar desa, kelurahan maupun kecamatan.” Disampaikan juru bicara gugus tugas percepatan penangan covid-19 Inhil, Trio Beni Putra dalam pesan tertulis melalui sambungan WhatsApp, jum’at malam

Dilanjutkan Trio, pemberlakuan larangan mudik ini diberlakukan menyusul dengan diterbitkannya peraturan menteri perhubungan menindaklanjuti instruksi presiden perihal pencegahan penyebaran covid-19.

Pelarangan mudik sesuai aturan pada Permenhub tersebut meliputi seluruh jenis transportasi umum termasuk kendaraan pribadi, baik roda empat maupun sepeda motor.

“Permenhub itu berlaku sejak hari ini. Efektifnya besok karena hari ini masih tahap persiapan,” dipertegas Trio

Lebih lanjut dijelaskan Trio, dalam Permenhub diatur bahwa alat transportasi tak diperkenankan keluar ataupun masuk zona merah penyebaran virus Corona. Selain itu, mencakup wilayah yang telah ditetapkan PSBB.

“Dengan tujuan keluar dan atau masuk wilayah PSBB atau pembatasan sosial berskala besar, wilayah zona merah penyebaran COVID-19 dan atau wilayah aglomerasi lainnya yang telah ditetapkan pembatasan sosial berskala besar,” tutur Trio menjabarkan.

Lebih lanjut, diungkapkan Trio, menanggapi peraturan larangan mudik ini, Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Inhil akan mendirikan pos jaga guna menghambat warga yang membandel.

Pos-pos tersebut akan disiagakan di beberapa titik, khususnya pada kawasan perbatasan Kabupaten Inhil dengan daerah lainnya, seperti Guntung, Selensen, Keritang, Kempas, Pulau Kijang dan sebagainya.

“Kita akan turun bersama pihak kepolisian. Kapolres Inhil juga sudah menegaskan tentang pelaksanaan larangan mudik. Ini komitmen bersama mencegah penyebaran Covid-19,” Akhiri Trio.

Reporter: Amrul

Categorised in: Advetorial Pemkab Inhil, Inhil

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.