Kami sampaikan kabar untuk anda

Awas Kena Tipu! Ini Ciri-ciri Bawang Merah Palsu

Jakarta – Kementerian Pertanian memasukkan lima importir bawang merah ke daftar hitam. Alasannya, importir-importir itu diketahui memasukkan bawang bombai mini asal India dan menjualnya di pasar nasional berupa bawang merah.

Direktur Jenderal Hortikuktura Suwandi mengimbau konsumen agar berhati-hati dalam membeli bawang merah di pasar dan segera melaporkan apabila menemukan pedagang yang menjual bawang merah palsu.

“Harap konsumen hati-hati dalam membeli produk, jangan ketipu. Terus kalau ketahuan ada yang jual bawang bombai mini jadi bawang merah itu dilaporin aja. Ruginya ya bawang bombai itu dijual jadi bawang merah, padahal harga bawang bombai lebih murah dari itu harusnya, terus rasanya juga beda,” tuturnya di Kementerian Pertanian, Jumat (22/06/2018).

Suwandi menyebutkan salah satu ciri-ciri yang membedakan bawang merah palsu dan bawang merah asli adalah siungnya.

“Itu ada ciri-cirinya, bombai mini itu tidak ada siungnya. Jadi satu bulatan isinya lapis-lapis saja gitu. Kalau bawang merah itu ada siungnya, ada yang dua, ada yang tiga,” paparnya.

Sementara itu, dilihat dari ukurannya, Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Hortikultura Kementan Yasid Taufik mengatakan ukuran bawang merah palsu ini kurang dari 5 cm.

“Ukuran yang boleh masuk ke Indonesia itu di atas 5 cm. Tetapi yang masuk ke Indonesia dari setiap sampel yang kita uji, 70% dari karung itu mengandung bombai ukuran di bawah 5 cm. Jelas itu kesengajaan dengan motif ekonomi,” jelasnya.

CNBC Indonesia

Tagged as:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.