Kami sampaikan kabar untuk anda

AS vs Iran, Teheran Siapkan Drone Tempur Berjarak 1.500 Km

Foto: Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei (Office of the Iranian Supreme Leader via AP)

Perseteruan antara Amerika Serikat (AS) dan Iran semakin panas, setelah Menteri Pertahanan Iran Amir Hatami mengumumkan tentara Iran memperoleh drone yang mampu tempur dengan jangkauan 1.500 kilometer (Km).

Hal tersebut disampaikan Hatami pada hari Sabtu (18/4/2020) di televisi negara. Drone ini memiliki kemampuan handal berupa kemampuan memonitor.

“Memonitor pergerakan musuh dari jarak yang cukup jauh dan mampu melakukan misi tempur,” katanya pada upacara pengiriman di Teheran yang disiarkan di TV sebagaimana dikutip dari Reuters melansir dari CNBC Indonesia.

Pesawat itu dilengkapi dengan bom dan rudal, dan mereka dapat terbang di ketinggian hingga 13.716 meter. Namun, terkait nama dari drone tersebut belum disebutkan.

Lebih lanjut disampaikan, drone diproduksi oleh industri militer Iran dengan partisipasi universitas lokal. Drone adalah elemen kunci dalam pengawasan perbatasan Iran, terutama perairan Teluk di sekitar Selat Hormuz, di mana seperlima dari aliran pasokan minyak dunia.

Ketegangan antara Iran dan Amerika Serikat telah mencapai tingkat tertinggi dalam beberapa dekade sejak Amerika Serikat membunuh Jenderal Iran Jenderal Qassem Soleimani dalam serangan pesawat tak berawak di Baghdad pada 3 Januari.

Terbunuhnya Jenderal Qassem mendorong Iran untuk menembakkan rudal beberapa hari kemudian di pangkalan-pangkalan di Irak di mana pasukan AS berada ditempatkan.

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.