Kami sampaikan kabar untuk anda

Rumah Ibadah dan Fasilitas Publik Jadi Sasaran Disinfektan,

“Usai Resmi Dilepas Sekda Bambang, Tim Relawan Covid-19 Meranti Lancarkan Aksi Penyemprotan”

MERANTI (detikriau.org) — Sekretarias Daerah Kepulauan Meranti Bambang Supriyanto SE MM, melepas secara resmi Tim Relawan Covid-19 Kepulauan Meranti yang beraksi melakukan penyemprotan disinfektan di rumah ibadah dan fasilitas Publik yang ada di Kota Selatpanjang, bertempat dihalaman Kantor Bupati Kepulauan Meranti,  Jalan Dorak, Rabu (15/4/2020).

Selain Sekda, tampak hadir Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Meranti, dr Misri Hasanto, Kadis Sosial Meranti Agusyantor S.Sos M.Si, Ketua KNPI Meranti Rudi Tanjung beserta anggota.

Saat ini, menurut Sekda Bambang, partisipasi aktif masyarakat bersinergi dengan Pemerintah Daerah dalam mengantisipasi penyebaran Virus Covid-19 di Kepulauan Meranti sangat tinggi, seperti yang dilakukan oleh Tim Relawan Covid-19 Meranti saat ini.

“Tim ini terdiri dari relawan KNPI Meranti, Forum Puspa Sagu dan Remaja Masjid dilingkungan Kota Selatpanjang,” tutur Sekda Bambang.

Menyikapi aksi mulia yang akan dilakukan oleh Tim Relawan Covid-19 Meranti ini, Sekda Meranti atas nama Pemerintah Daerah mengucapkan apresiasi yang tinggi atas partispasi aktif dari Tim Relawan Covid-19 Meranti. Sekda berharap aksi ini jangan hanya sekejab dan hanya dibeberapa tempat saja tapi hendaknya dapat dilakukan secara masif dan menyeluruh.

Menurutnya, untuk melakukan penyemprotan secara masif memang bukan perkara mudah, karena Meranti khususnya Kota Selatpanjang, memilik wilayah yang luas dan banyak bebagai fasilitas Publik.

Oleh karena itu, Sekda Bambang, menghimbau, partisipasi aktif dari Ormas, LSM serta kelompok masyarakat lainnya untuk dapat mengikuti apa yang telah dilakukan Relawan Covid-19 Meranti ini.

“Saya berharap kegiatan ini dapat berkelanjutan, karena dari hasil penelitian para ahli, puncak penyebaran Covid-19 ini bisa berlangsung hingga Mei, dan kami dari Pemerintah Daerah juga mengajak relawan lainnya untuk bersama-sama memerangi penyebaran Covid-19 di Meranti,” ujar Sekda Bambang.

BERI BANTUAN SEMBAKO KEPADA WARGA MISKIN

Selain itu,  Sekda Bambang Menambahkan,  mulai hari ini (Rabu,  15/4/2020), red), Pemerintah Kabipaten Kepulauan Meranti sendiri akan menyerahkan sejumlah bantuan sembako kepada warga miskin dengan sumber dana bantuan yang dikumpulkan dari donasi sukarela OPD dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dilingkungan Pemkab Kepulauan Meranti.

“Mari bersama-sama kita antisipasi dan perangi penyebaran Virus Covid-19 dengan mematuhi semua arahan pemerintah, pakai masker saat keluar rumah, sering cuci tangan, lakukan Sosial/Physical Distancing dan Stay At Home jika tidak ada yang penting, periksakan diri segera jika merasakan gejala,” pungkas Sekda

Sementara itu,  tim Relawan yang dikomandoi oleh Dinas Kesehatan Meranti ini mulai bergerak menuju titik sasaran penyemprotan disinfektan kesetiap rumah ibadah, sekolah-sekolah serta fasilitas publik lainnya guna memutus mata rantai penyebaran Virus Covid-19 di Keabupaten Kota Sagu ini.

Kadiskes Meranti dr. Misri mengungkapkan, aksi kali ini menargetkan seluruh rumah ibadah yang ada dikota Selatpanjang, sekolah-sekolah dan fasilitas publik yang strategis.

“Penyemprotan disinfektan yang terfokus di rumah ibadah dan fasilitas umum ini dilakukan agar masyarakat yang menjalankan ibadah dan beraktifitas dapat dilakukan dengan aman bebas dari Covid-19,” kata Misri.

Menurut data terakhir yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan Meranti, dikatakan Misri, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sejauh ini tercatat berjumlah 4 orang. Dari jumlah itu, 2 orang telah diperbolehkan pulang, sementara 2 orang lainnya masih menjalani tahap Isolasi di RSUD Meranti sambil menunggu hasil pemeriksaan dari laboratorium./ADV/eko

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.