Kami sampaikan kabar untuk anda

Pemkab Meranti Lakukan Perbaikan Sistem Pelelangan Pekerjaan Proyek Pembangunan Inflastruktur

foto : Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi saat melakukan sidak ke pelabuhan Tanjung Harapan Selatpanjang beberapa waktu lalu.

MERANTI, detikriau.org – Perbaikan sistem pelelangan pekerjaan proyek pembangunan di bidang inflastruktur merupakan salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti dalam memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembangunan di lingkungan kabupaten Kota Sagu ini. Hal ini diungkapkan Bupati Kepulauan Meranti,  Drs H Irwan MSi.

Ia menuturkan, kualitas pembangunan inflastruktur dilingkungan Kabupaten Kepulauan Meranti sudah mulai membaik. “Masyarakat sudah tidak banyak mengeluh seperti dulunya. Jadi, kita lanjutkan sistem ini agar lebih baik lagi,” ungkap Bupati Irwan.

Jika Pemkab Kepulauan Meranti memang tidak akan mengadakan sistem PL lagi, menurut Bupati Irwan, hal itu dikarenakan banyak pekerjaan yang telah lalu yang notabene hasilnya sangat mengecewakan. Pihaknya menginginkan kualitas pembangunan membaik, bukan sebaliknya makin memburuk.

“Saat ini kita mengutamakan kualitas dengan sistem pelelangan teknologi tinggi. Diawal-awalnya kita banyak sekali berbenturan dengan persoalan hukum, karena banyak pekerjaan yang dikerjakan dengan tidak bertanggungjawab. Belakangan ini saya kira sudah beres dan mulai membaik sistemnya,” sebut Bupati Irwan.

Selain itu,  lanjut Buapti Irwan, Pemkab Kepulauan Meranti tidak mau mengambil langkah mundur dengan mengakomodasikan rekanan-rekanan tidak bertanggungjawab dalam melaksanakan pekerjaan pembangunan,  khususnya dibidang inflastruktur. Dimana masyarakat sudah lelah menikmati hasil pembangunan yang tidak lama, salah satunya seperti semenisasi jalan yang hanya sebentar lalu hancur dan tumbuh besi.

“Era-era itu sudah lewat. Kita ingin masyarakat menikmati hasil pembangunan yang sesuai dengan harapan mereka. Bisa dimanfaatkan dalam jangka waktu lama. Jadi, tidak hanya itu-itu saja yang kita pikirkan dan benahi. Masi banyak yang lain lagi perlu diperhatikan,” ungkap Bupati Irwan.

Untuk itu, Bupati Irwan menambahkan, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti, meminta semua rekanan kontraktor yang mengajukan penawaran pekerjaan bisa meningkatkan kapasitas dan pengetahuannya terkait teknik untuk mengikuti lelang.

Hal itu diperlukan mengingat sistem pelelangan sekarang ini menggunakan teknologi yang cukup tinggi. Sehingga, rekanan dituntut harus menyesuaikannya. Apalagi, sambungnya, saat ini sedang di upgrade oleh BKPP Kepulauan Meranti.

“Dalam hal ini kita semua harus memakluminya. Karena sistem pelelangan ini sudah diatur dalam Peraturan Presiden. Tidak bisa hanya asal-asalan saja, Pemkab harus selektif. Makanya, rekanan harus meningkatkan pengetahuannya,” ungkap Bupati Irwan.

Disisi lainnya, ia menjelaskan bahwa Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kepulauan Meranti mengalami penurunan. Sehingga, hal itu berpengaruh terhadap jumlah proyek yang dialokasikan oleh Pemkab Kepulauan Meranti.

“APBD kita menurun. Jadi, jumlah proyek yang kita alokasikan dan di lelang tidak begitu banyak,” tutur Bupati Meranti dua periode itu.

Selain itu, orang nomor satu di Kabupaten Kepulauan Merantu ini juga menyinggung tentang isu bagi-bagi proyek melalui sistem penunjukan langsung (PL).

“Bagi-bagi proyek itu sudah tidak zamannya lagi. Makanya, kita ubah sistem. Saya kira tidak perlu dimundurkan lagi sistem yang sudah kita perbaiki ini. Namun, harus kita matang dan mantapkan lagi,” tegas Bupati Irwan. *(eko)

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.