Kami sampaikan kabar untuk anda

Coronavirus: Arab Saudi meminta umat Islam untuk menunda pemesanan haji

REUTERSImage caption Pilgrims circle the Kaaba in Mecca’s Great Mosque during the Hajj in August 2019

detikriau.org – Arab Saudi telah meminta umat Islam yang telah berencana menunaikan ibadah  haji untuk menunda pemesanan di tengah ketidakpastian atas pandemi coronavirus.

Menteri Haji Mohammed Banten mengatakan kerajaan mengkhawatirkan keselamatan para peziarah dan mendesak orang untuk “menunggu sebelum menyelesaikan kontrak”.

Sekitar dua juta orang diperkirakan akan melakukan perjalanan ke Mekah dan Madinah Juli dan Agustus ini untuk pertemuan tahunan.

Muslim yang mampu secara fisik harus melakukan haji sekali seumur hidup.

Ziarah yang lebih rendah, Umra, telah ditangguhkan sebagai tindakan pencegahan untuk mencoba mengurangi penyebaran virus corona.

Orang-orang juga dicegah memasuki Mekah dan Madinah, serta ibukota Riyadh, ketika pemerintah Saudi berupaya mencegah penyebaran wabah Covid-19 yang telah menginfeksi setidaknya 1.563 orang dan merenggut 10 jiwa di negara itu.

“Arab Saudi sepenuhnya siap untuk melayani peziarah dan pencari Umroh dalam segala situasi,” kata Banten kepada televisi pemerintah.

“Tetapi dalam situasi saat ini, ketika kita berbicara tentang pandemi global, kita hanya berdoa kepada  Tuhan untuk menyelamatkan kita, kerajaan ingin melindungi kesehatan umat Muslim dan warga negara.”

“Jadi kami telah meminta saudara kami Muslim di seluruh dunia untuk menunggu sebelum menyelesaikan kontrak [dengan operator tur] sampai situasinya jelas.”

Dia menambahkan bahwa kementrian haji dan kementerian kesehatan telah memeriksa hotel-hotel yang saat ini digunakan untuk mengakomodasi orang-orang yang telah melakukan umroh sebelum penangguhan dan kemudian diberitahu untuk mengisolasi diri atau tidak dapat kembali ke rumah.

Menteri juga mengatakan bahwa, untuk saat ini, orang-orang yang telah membeli visa Umra dan yang tidak dapat digunakan akan dikembalikan biayanya.

translated by: detikriau.org

Baca sumber asli: bbc.com

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.