Kami sampaikan kabar untuk anda

Prof Wisnu Adisasmito jelaskan fungsi dan kegunaan tiga jenis masker

Foto: screenshot siaran pers melalui laman youtube akun BNPB, sabtu/detikriau.org

Jakarta, detikriau.org – Ketua pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid–19 Prof. Wiku Adisasmito menjelaskan Fungsi dan peruntukan penggunaan tiga jenis masker yakni masker kain, masker bedah, dan masker N95.

Masker kain diterangkan, digunakan oleh masyarakat saat berada di tempat umum dan berinteraksi dengan orang lain. Masker berbahan kain ini minimal harus dibuat tiga lapis. Dalam penggunaannya, apabila mulai basah maka harus diganti.

Sedangkan masker bedah adalah masker yang digunakan untuk tenaga kesehatan atau orang yang sakit.

“Untuk masker N95 diperuntukan bagi tenaga medis yang menangani pasien dengan tingkat resiko infeksi tinggi,” Sampaikan Prof Wiku dalam siaran pers melalui laman youtube akun BNPB, sabtu

Sementara itu dilanjutkannya, tenaga medis yang tidak menangani pasien dengan risiko infeksi tinggi dan orang sakit maka harus menggunakan masker bedah.

Disamping menjelaskan pengguna masker, Prof Wiku juga meminta agar  masyarakat mematuhi imbauan untuk tidak mudik. Sedangkan bagi masyarakat yang sudah terlanjur mudik maka diharuskannya untuk melakukan isolasi mandiri dirumah selama 14 hari atau di fasilitas yang sudah disediakan oleh pemerintah setempat.

“Masyarakat setempat tetap mempraktekkan physical distancing atau jaga jarak, jangan berkerumun, atau berkumpul,” Imbaunya

Masyarakat sendiri menurut Prof Wiku terbagi dalam dua kelompok.

Kelompok pertama adalah kelompok masyarakat yang memiliki kondisi atau penyakit penyerta, seperti diabetes, penyakit jantung dan penyakit paru, serta yang kedua adalah kelompok masyarakat usia muda yang sehat.

“Kelompok utama yang harus dijaga yaitu kelompok yang memiliki kondisi atau penyakit penyerta agar tidak tertular Covid-19.” Dipesankannya

Prof Wiku juga menyebutkan bahwa peran pemerintah daerah di semua tingkat baik mulai dari RT/RW, desa, kecamatan, kabupaten, kota, dan provinsi, sangat penting dan sangat diharapkan bantuan serta kerjasama sebagai gugus tugas Covid-19 di daerah dengan mengoptimalkan segala sumber daya yang dimiliki, termasuk penggunaan dana yang direalokasi, termasuk Dana Desa,” Akhirinya.

reporter: faisal

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.