Kami sampaikan kabar untuk anda

Jika tidak juga patuhi imbauan, Kapolri perintahkan anggotanya ambil sikap tegas

Foto: tangkapan layar siaran pers melalui saluran youtube akun BNPB, sabtu/detikriau.org

Jakarta, detikriau.org – Kapolri, Jendral Polisi, Drs Idham Aziz M.Si memerintahkan kepada seluruh jajaran kepolisian di tanah air untuk mengambil sikap tegas jika upaya persuasif yang dilakukan pemerintah terkait Sosial Distancing maupun Physical Distancing tidak juga diindahkan.

Perintah ini disampaikan melalui Asops Kapolri, Irjen Pol Drs Herry Rudolf Nahak M.Si dalam siaran pers melalui laman youtube akun BNPB Indonesia, sabtu sore

“seiring dengan kebijakan pemerintah terkait Sosial Distancing, Fhysical Distanching dilanjutkan dengan dikeluarkannya maklumat Kapolri yang intinya mengajak masyarakat untuk berupaya tidak melakukan kegiatan yang sifatnya mengumpulkan orang banyak, atau melakukan kegiatan lainnya dalam bentuk kegiatan sosial atau rapat-rapat dan sebagainya agar tidak dilakukan dulu, upayakan menjaga jarak.” Amanat kapolri, disampaikan Irjen Pol Drs Herry Rudolf Nahak dalam sairan persnya.

POLRI sebagai bagian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, dimana Kapolri sebagai pengarah juga meminta kepada bawahannya  untuk mengawal kebijakan pemerintah dengan cara-cara humanis, sopan, serta melakukan teguran maupun Imbauan.

“Jika cara–cara itu tidak juga dipatuhi maka POLRI diminta untuk melakukan cara tegas dengan membubarkan kegiatan atau perkumpulan-perkumpulan tersebut,” Intruksi tegas Kapolri

Kapolri juga memerintahkan kepada seluruh jajarannya mulai tingkat polda, polres, polsek hingga babinkamtibmas di desa, bersama aparat desa dan babinsa untuk mensosialisaikan “menjaga jarak”.

Sosliasi diminta untuk dilakukan secara terus menerus sampai masyarakat memahami bahwa yang dilakukan pemerintah ini merupakan sesuatu yang sangat penting.

Kapolri sekali lagi juga menyampaikan imbauan terkait Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) kepada masyarakat untuk tidak mengadakan kegiatan-kegiatan yang mengumpulkan orang banyak.

“masyarakat juga diminta untuk tidak mudik. Pahami bahwa perpindahan manusia dari satu daerah ke daerah lainnya akan berpotensi besar semakin memperluas penyebaran covid-19.” Akhirinya.

Reporter: Faisal

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.