Kami sampaikan kabar untuk anda

Hingga hari ini kasus positif covid-19 di Inhil masih Nihil. Kamu yakin?

Tembilahan, detikriau.org – Hingga hari ke 27, sejak diumumkan resmi kasus pertama ditemukannya pasien positif covid-19, yang dinamai Presiden Joko Widodo dengan kasus satu dan kasus dua pada 2 maret 2020 yang lalu, sebaran virus corona terkomfirmasi menulari sebanyak 1.285 orang di hampir seluruh Provinsi di Indonesia dan telah menelan korban jiwa sebanyak 114 orang.

Di Provinsi Riau, khususnya Kabupaten Indragiri Hilir, kedatangan tujuh awak kapal yang baru tiba dari Negri Jiran Malaysia, menjadi kasus awal yang sempat membuat masyarakat heboh.

Hari itu, tepatnya pada rabu, 4 maret 2020, Direktur Rumah Sakit rujukan Covid-19 Puri Husada, dr Saut Pakpahan mengumumkan resmi 1 dari 7 ABK ini dikategorikan sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan dilakukan isolasi. Sementara 6 ABK lainnya dikategorikan sebagai Orang Dalam Pemantauan (ODP).

25 hari berselang, minggu 29 maret 2020, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Inhil, Trio Beni Putra merilis data bahwa sebanyak 138 orang warga Inhil masuk dalam kategori ODP dan 23 diantaranya sudah melewati batas waktu pemantauan. Sedangkan 5 kasus lainnya dikategorikan sebagai PDP, dengan 2 kasus diantaranya sudah dinyatakan negatif dan dipulangkan.

Memang sangat melegakan, untuk kasus positif covid-19 di Inhil, hingga hari ini belum ada satupun yang terkomfirmasi.

 

Yakinkah Kab Inhil masih aman?

Dr Saut pakapahan, dalam konfirmasi door stop di gedung kantor Bupati Inhil 4 maret 2020 yang lalu menjelaskan bahwa pertimbangan utama ditunjuknya RSUD Puri Husada sebagai salah satu rumah sakit rujukan covid-19 di provinsi riau didasari pada letak geografis, sebagai pintu masuk menuju kewilayah Riau daratan.

Kasus Virus corona pertamakali diketahui di Provinsi Wuhan China. Artinya virus datangnya dari Luar Negri. Inhil sendiri menjadi salah satu pintu gerbang utama pendatang dari Provinsi Kepulauan Riau yang menjadi jalur masuk pendatang dari dua Negara tetangga, Singapura dan Malaysia.

Namun sayangya, dengan ratusan “pelabuhan tikus” di wilayah Inhil bagian utara, pengawasan menjadi sesuatu hal yang sangat sulit untuk dilakukan.

Dr Saut juga menyatakan bahwa untuk memastikan pasien positif atau tidaknya terjangkiti virus corona, sampel swap tenggorokan sebelumnya harus dikirim ke laboratorium di Jakarta untuk dilakukan pengujian dan hasil labnya baru bisa didapatkan selama 7 hingga 14 hari.

Lantas tentu boleh menduga bahwa nihilnya kasus positif covid-19 di Inhil hingga hari ini mungkin saja bukan karena tidak ada, tetapi lebih kepada “belum diketahui”.

 

Mematuhi Imbauan Pemerintah menjadi hal yang sangat penting 

Juru bicara pemerintah Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, dr Achmad Yurianto menyatakan bahwa pada kelompok usia muda dengan daya tubuh yang baik, infeksi virus corona itu bisa terjadi dan bahkan kerab tidak menimbulkan keluhan apapun atau mungkin menimbulkan keluhan tetapi sangat ringan sekali. Misalnya hanya merasa demam tetapi tidak terlalu tinggi, mungkin batuk pilek biasa dan seringkali dimaknai ini bukan sakit. Ini biasa saja, sehingga tanpa disadari kondisi tubuh yang penuh dengan virus ini dia sebarkan ke mana-mana melalui kontak dekat dengan orang lain.

Apabila ini mengenai kelompok-kelompok yang rentan baik karena usia tua atau karena ada penyakit yang mendahului maka dampak yang muncul tentunya akan menjadi serius.

Sekarang menurutnya sudah tidak tahu pasti lagi siapa di luar yang bertemu dengan kita itu sakit atau tidak.

Memang benar kita tidak bakalan ketemu orang di luar rumah dalam keadaan sakit berat. Tetapi tanpa kita sadari bahwa orang dengan kasus positif dengan sakit ringan ini memiliki peluang yang besar untuk kemudian menularkan ke kita.

Oleh karenanya, dr Achmad Yurianto berpesan bahwa anjuran pemerintah untuk menjaga jarak pada kontak sosial di tengah masyarakat harus dipatuhi, karena pada jarak yang sangat dekat, kurang dari 1,5 meter ini memberikan peluang yang besar untuk terjadinya penularan dari orang yang positif sakit.

Di dalam tubuh orang yang sudah terjangkiti ada virus yang bisa ditularkan melalui percikan ludah yang disebut dengan droplet pada saat yang sakit ini batuk, pada saat yang sakit ini bersin dan kemudian mengenai orang lain yang sehat.

Penularan juga disebutkan bisa saja terjadi melalui kontak tidak langsung, misalnya percikan itu mengenai barang-barang yang sering digunakan bersama. Di dalam kendaraan angkutan massal, misalnya ada pegangan pada saat berdiri, kemudian gagang pintu pada saat kita keluar masuk. Kemudian riling tangga pada saat kita akan pindah dari satu tempat yang lebih tinggi atau yang lebih rendah dan sebaliknya. Ini terjadi kemudian tidak disertai dengan cuci tangan dengan menggunakan sabun. Dan kemudian secara langsung makan atau minum tanpa cuci tangan, atau menyentuh hidung, mulut, mata tanpa sebelumnya mencuci tangan.

“Oleh karena itu saya minta lagi mari kita patuhi bersama tentang kontak dekat, hindari kontak dekat. Oleh karena itu jaga jarak pada saat melakukan komunikasi sosial dengan siapapun, baik itu di rumah maupun di luar rumah. Yang menjadi keprihatinan kita sekarang adalah masih banyaknya masyarakat yang tidak memperhatikan hal ini.” Imbaunya

Kemudian juga diingatkan bahwa isolasi diri di rumah menjadi penting Namun bukan berarti berada di rumah mengabaikan jarak. Tetap harus menjaga jarak dengan anggota keluarga lainnya. Kemudian juga  sadari betul bahwa kita yang berasal dari luar rumah dan masuk ke rumah memiliki peluang untuk membawa virus ini. Oleh karena itu pola hidup bersih, sehat menjadi kunci dalam kaitan penanganan COVID-19.

 

Reporter: Faisal

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.