Kami sampaikan kabar untuk anda

Covid-19: Tiga Warga Inhil Berstatus PDP, dan 82 ODP

Tembilahan, detikriau.org – Hingga pukul 11.00 Wib, senin, 23 maret 2020, Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir melaporkan Tiga orang warganya berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan 82 berstatus Orang Dalam Pengawasan (ODP) Corona Virus Disease (COVID-19).

Mengutip data dari posko Covid-19 Diskominfo Inhil, dari 3 PDP, 2 diantaranya dinyatakan sehat dan sudah diperbolehkan pulang dan satu PDP masih dalam perawatan.

“Benar, data yang masuk hingga pukul 11.00 Wib sebanyak 85 kasus. Tiga berstatus PDP, dan 82 lainnya berstatus ODP,” ujar Plt Kadiskominfo Inhil, Trio Beni Putra, senin

Berdasarkan data ini juga, dari total 82 ODP, yang masih berada dalam pengawasan sebanyak 74 orang dan 8 lainnya masa pengawasan sudah selesai.

Untuk sekedar memberitahu, Istilah yang digunakan terkait Covid-19 dijelaskan Kementrian Kesehatan melalui Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemkes sekaligus juru bicara penanganan COVID-19 Achmad Yurianto digolongkan dalam beberapa kelompok, yakni; Orang Dalam Pengawasan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP), Suspect, dan confirm Covid-19

Pertama, ODP adalah Warga Negara Indonesia (WNI) atau Warga Negara Asing (WNA) yang masuk ke Negara Indonesia dari Negara yang terkonfirmasi di wilayahnya terjadi penularan COVID-19.

ODP tersebut, bisa saja kondisinya sedang tidak sakit.

Selanjutnya jika ODP menunjukkan gejala sakit sesuai dengan COVID-19 maka statusnya naik menjadi Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

PDP adalah mereka yang menunjukkan gejala influenza ringan hingga berat.

Informasi pertama yang perlu diketahui apakah ada riwayat kontak dengan yang positif COVID-19, kalau ada dan kuat maka digolongkan dalam kelompok ‘suspect‘ COVID-19.

Selanjutnya, pasien suspect COVID-19 akan diperiksa spesimennya menggunakan dua metode, yaitu Polymerase Chain Reaction (PCR) dan Genome Sequencing. Jika hasilnya positif maka susfect statusnya akan meningkat menjadi Confirm Covid-19.

 

Reporter: Faisal

 

 

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.