Kami sampaikan kabar untuk anda

Dikritisi kualitas air dan pemutusan sambungan sepihak, Ini jawaban Direktur PDAM Tirta Indragiri

Air keruh dan berbau./ Foto: dikirmp pelanggan PDAM TI Tembilahan kepada detikriau.org melalui pesan WA

Tembilahan, detikriau.org – Warga jalan Trimas Seni, Tembilahan, Hery mengeluhkan kualitas air PDAM Tirta Indragiri.

Manajemen PDAM TI disebutnya bisa bersikap sangat tegas saat menuntut hak pembayaran tetapi justru berbanding terbalik ketika dipertanyakan masalah kewajiban oleh pelanggan.

“Semestinya hak dituntut setelah memenuhi kewajiban. Tapi terbalik. Kewajiban dituntut dengan tegas tapi hak pelanggan diabaikan.” Kata Hery menyampaikan keluhan melalui sambungan WhatsApp kepada detikriau.org, selasa kemaren

Menurut Hery, bukan hanya sekali atau dua, kualitas air yang disalurkan PDAM kerumahnya dalam kondisi kotor dan berbau.

Awalnya ia mengaku sempat menduga mungkin saja ada kebocoran pipa distribusi kerumahnya sehingga air PDAM bercampur dengan air tanah.

Namun setelah mempertanyakan kepada tetangga sekitar tempat tinggalnya, Hery memastikan kondisi air PDAM yang diterima pelanggan lainnya juga tidak berbeda jauh.

“Kotor dan berbau. Sudah berkali-kali seperti ini. Agar dapat dipergunakan, air PDAM setidaknya harus kita endapkan dulu semalaman. Tapi ya tempat penampungan air terpaksa harus sering dibersihkan karena endapan lumpur yang cukup tebal,” Pengakuannya

Tidak cukup sampai disini, kritikan Hery terhadap pelayanan PDAM juga “mengular” pada persoalan penagihan rekening air.

Hery mengaku pernah satu waktu karena hambatan kondisi keuangan, ia sempat menunggak pembayaran selama dua bulan.

“Pasokan air kerumah saya diputus tanpa pernah ada pemberitahuan. Mereka (Manajemen PDAM TI) hanya tegas saat menuntut hak.” Kesalnya.

Terkait kritikan pelanggan ini, Manajer PDAM Tirta Indragiri, Ahmad Hafiz dikomfirmasi melalui sambungan suara WhatsApp, kamis malam, membantah.

Menurut Hafiz, dipastikannya, setidaknya dalam dua bulan terakhir kualitas air yang disalurkan PDAM TI kerumah-rumah pelanggan sudah cukup memuaskan.

“Jika berkenan bisa melihat langsung seperti apa kualitas air kita saat ini dilokasi boster pump di parit 7. Dua bulan terakhir kualitas air kita sudah cukup bagus,” Sampikan Hafiz dengan yakin.

Jika memang kondisi air yang sampai dirumah pelanggan dilokasi Trimas Seni, keruh dan berbau, hafis lebih menduga mungkin saja menurutnya adanya kebocoran pada pipa distribusi.

“Saya lebih menduga ada kebocoran pipa distribusi sehingga menyebabkan air PDAM tercampur dengan air tanah,” ujarnya

Untuk masalah kritikan pemutusan sepihak, Hafiz juga keberatan.

Hafiz memastikan jika memang pelanggan baru menunggak dua bulan, PDAM TI tidak akan mungkin melakukan pemutusan.

Hafis juga menyebutkan bahwa ia sudah menginstruksikan kepada bawahanya, agar melakukan pengiriman surat  tagihan pembayaran bagi pelanggan yang sudah terdata menunggak selama tiga bulan.

“Yang menunggak tiga bulan, surat yang dikirim sifatnya tagihan.  Bukan surat pemutusan ya !. Apalagi jika baru menunggak dua bulan.” Kembali ditegaskannya

Setelah dikirimi surat tagihan, dilanjutkan Hafiz, pihak PDAM juga dipastikannya tidak akan langsung melakukan pemutusan. Mediasi dan sikap toleransi tetap diutamakan, katanya.

Biasanya pelanggan yang menunggak masih diberikan kesempatan waktu untuk menentukan kapan melunasi kewajibannya. Katanya.

Ia juga berpesan jika adanya keluhan, pelanggan dimintanya untuk langsung menyampaikannya kepada pihak PDAM TI agar dapat dibantu dicarikan solusi terbaik.

Reporter: Faisal

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.