Kami sampaikan kabar untuk anda

Bandingkan dengan Surat Edaran Men PANRB, point ke lima SE Bupati Inhil tepatkah?

Tembilahan, detikriau.org – Bupati Inhil HM Wardan secara resmi telah mengeluarkan Surat Edaran bernomor 308.21/UM-010/2020 tentang kewaspadaan dan pencegahan penularan corona virus disease 2019 (covid-19).

Surat Edaran Bupati Inhil yang dilandaskan keputusan Presiden RI No 7 tahun 2020 tentang gugus tugas percepatan penanganan covid-19 dan surat edaran Gubernur Riau nomor 80/SE/2020 tentang kewaspadaan dan pencegahan penularan corona virus disease 2019 (covid-19) ini berisikan enam maklumat.

Secara garis besar maklumat Bupati Inhil ini memuat kebijakan untuk meniadakan kegiatan pembelajaran disekolah hingga tanggal 31 maret 2020 dan  pengalihan sistem pembelajaran dari bertatap muka menjadi pembelajar di rumah.

Namun yang menimbulkan tanya, pada point ke lima dibunyikan bahwa kepada kepala satuan pendidikan, pendidik dan tenaga kependidikan tetap menjalankan tugas sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Sekolah/Madrasah untuk menyelesaikan administrasi pembelajaran serta tugas lainnya.

Tepatkan maklumat pada point ke lima ini ?

Mengutip melalui CNBC Indonesia, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PANRB) Tjahjo Kumolo menyampaikan imbauan kepada semua kementerian dan lembaga agar Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) bisa bekerja dari rumah.

Hal itu tertuang dalam Surat Edaran Menteri PANRB Nomor 19 Tahun 2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja Aparatur Sipil Negara dalam Upaya Pencegahan Covid-19 di Lingkungan Instansi Pemerintah.

Surat Edaran Menteri PANRB ini juga ditegaskan harus dijadikan pedoman pelaksanaan tugas kedinasan dengan bekerja di rumah atau tempat tinggal (work from home) bagi ASN.

Namun untuk menjamin penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat tidak terhambat Tjahjo menugaskan kepada pejabat pembina kepegawaian harus memastikan minimal dua level pejabat struktural tertinggi untuk tetap melaksanakan tugas di kantor. Jelas tidak ada ketentuan pemberlakuan secara keseluruhan.

Atau tentulah tidak ada salahnya menduga, mungkin saja si pembuat kebijakan lebih berkeyakinan bahwa para tenaga pendidik ini lebih “kebal” terhadap paparan virus corona.

Reporter: Faisal

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.