Kami sampaikan kabar untuk anda

Tips sederhana hindari corona dari Kepala KKP Tembilahan

“Ketahui berikut cara penyebaran covid-19 dari satu orang ke orang lainnya”

Kepala KKP Tembilahan, Jufrihadi./Foto: ANTARA; Adriah

Tembilahan, detikriau.org – Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Tembilahan Jufrihadi imbau masyarakat untuk rajin mencuci tangan hindari virus corona (covid-19).

Dengan hanya mencuci tangan menurutnya akan menekan 50 persen kemungkinan terjangkiti.

“rajin cuci tangan, setidaknya 50% kemungkinan terjangkiti akan mampu ditekan. Apalagi jika dilakukan dengan cara yang benar.” Ujar Jufrihadi dalam wawancara cegat pintu di gedung kantor Bupati Inhil, rabu

Jufrihadi juga mengingatkan masyarakat untuk membiasakan berprilaku hidup sehat, seperti banyak mengkonsumsi sayur dan buah, istirahat yang cukup serta melakukan olahraga secara teratur.

“Perilaku Hidup Sehat dan Bersih (PHBS) jadi kuncinya. Kita bisa mencegahnya,” Ingatkan Jufri.

Seperti apa cara virus corona menyebar?

Dikutip dari Tirto.id, Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengungkapkan cara penyebaran virus corona dari satu orang ke lainnya.

Menurut WHO, ketika seseorang yang menderita COVID-19 batuk atau bernapas, mereka melepaskan seperti tetesan cairan yang juga terdapat virus corona. Kebanyakan tetesan atau cairan itu jatuh pada permukaan dan benda di dekatnya -seperti meja, meja, atau telepon.

Orang bisa terpapar atau terinfeksi COVID-19 dengan menyentuh permukaan atau benda yang terkontaminasi – dan kemudian menyentuh mata, hidung, atau mulut.

Jika Anda berdiri pada jarak 1 atau 2 meter dari seseorang dengan COVID-19, Anda dapat terjangkiti melalui batuk termasuk saat mereka menghembuskan napas. Dengan kata lain, COVID-19 menyebar serupa cara untuk flu.

Sebagian besar orang yang terinfeksi COVID-19 mengalami gejala ringan dan sembuh. Namun, beberapa kasus virus corona berlanjut dengan mengalami penyakit yang lebih serius dan mungkin memerlukan perawatan di rumah sakit.

Risiko penyakit atau terinfeksi virus corona kian meninggkat bagi Anda dengan usai 50 ke atas. Usia tersebut disebut lebih rentan daripada mereka yang di bawah 50.

Orang dengan melemah sistem kekebalan tubuh dan orang-orang dengan kondisi seperti diabetes, penyakit jantung dan paru-paru juga lebih banyak rentan terhadap virus corona.

reporter: fsl

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.