Kami sampaikan kabar untuk anda

Nama baru virus corona, Covid-19. Hingga hari ini 1.107 orang meninggal dunia

Jumlah korban meninggal usai terinfeksi virus corona sampai hari ini, Rabu (12/2), mencapai 1,107 orang. (Ilustrasi/Hector RETAMAL / AFP)

detikriau.org – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan nama resmi baru untuk virus corona yakni Covid-19.

Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus di hadapan awak media di Jenewa mengatakan nama itu dipilih untuk menghindari stigma terhadap ras tertentu, lokasi geografis, atau spesies hewan.

“Kami sekarang mmemiliki nama untuk penyakit ini [virus corona] yaitu Covid-19,” jelas Ghebreyesus disela konferensi ilmiah internasional di Jenewa.

Mengutip AFP, Covid-19 merupakan singkatan dari ‘co’ yang merujuk pada virus corona, ‘vi’ yang merupakan sebutan untuk virus, dan ‘d’ yang berarti penyakit (disease).

WHO sebelumnya memberi nama sementara virus corona dengan sebutan 2019-nCoV. Sementara Komisi Kesehatan Nasional China pekan ini mengatakan sementara akan menggunakan nama novel coronavirus pneumonia atau NCP.

Ia mengungkapkan kemungkinan opsi pemberian vaksin untuk memerangi penyebaran virus corona sebagai peluang realistis. Tak hanya itu, ia juga membantah jika WHO dinilai tak berdaya menghentikan penyebaran virus corona.

“Kita harus menggunakan peluang saat ini untuk melawan virus corona dari semua sisi. Jika tidak, kita bisa mencatat lebih banyak kasus dan butuh biaya lebih besar untuk menanganinya,” ucapnya.

Jumlah korban meninggal

Jumlah korban meninggal setelah terinfeksi virus corona sampai hari ini, Rabu (12/2), dilaporkan mencapai 1,107 orang. Di Provinsi Hubei, China, yang menjadi pusat penyebaran virus tersebut dilaporkan terdapat 94 penduduk yang terijangkit virus itu meninggal pada Selasa kemarin.

Seperti dilansir CNN, pemerintah provinsi Hubei menyatakan sampai hari ini tercatat 1,105 orang yang meninggal akibat virus tersebut. Jumlah orang yang meninggal di luar China akibat virus corona sampai saat ini berjumlah dua orang, yakni di Filipina dan Hong Kong.

Ada 1,638 penduduk China yang baru terjangkit virus tersebut. Hal itu membuat jumlah orang yang terkena virus tersebut di China mencapai 33,366.

Sedangkan di seluruh dunia tercatat ada 44,138 orang yang terkena virus tersebut.

Sumber: CNN Indonesia

Editor: Fsl

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.