Kami sampaikan kabar untuk anda

Nakhodai KADIN Inhil, Ardiansyah: Fokus Pemberdayaan UKM dan IKM

Ketua KADIN Inhil Ardiansyah saat dilantik resmi oleh ketua KADIN Provinsi Riau, Supianto disalah satu Hotel di Tembilahan, rabu (15/1/2020) yang lalu

Tembilahan, detikriau.org – Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kabupaten Indragiri Hilir periode 2020-2025, Ardiansyah berkomitmen selama masa kepemimpinannya akan lebih fokus melakukan perberdayaan terhadap Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM).

Pemberdayaan yang akan dilakukan menurutnya lebih kepada upaya pembinaan sehingga pelaku usaha kecil dan menengah memiliki daya saing yang baik dan mampu tetap eksis dalam mengelola bidang usaha yang digelutinya.

Dijelaskan pria yang akrab disapa dengan panggilan Iyan ini, disamping masih rendahnya kemampuan sumbar daya manusia, kelemahan yang juga kerap ditemui pada pelaku usaha kecil adalah untuk mendapatkan permodalan.

Bahkan tidak sedikit dari mereka kadang terjebak untuk melakukan pinjaman pada sumber-sumber pendanaan dengan bunga pinjaman yang tidak masuk akal. Rentenir, misalnya disebutkan Iyan.

Dengan pinjaman berbunga tinggi seperti itu, dampaknya tentu pelaku usaha kecil tidak akan memiliki daya saing dan akhirnya akan “mati” dengan sendirinya.

“ini yang harus menjadi perhatian. Kita berkomitmen untuk memberikan masukan dan bimbingan agar mereka mampu untuk mendapatkan kesempatan dan kemudahan permodalan dari sumber pendanaan dengan bunga yang ringan,” Ujarnya ketika berbincang dengan detikriau.org di Tembilahan, selasa (4/2/20)

Untuk menjalankan hal ini, Iyan mengaku KADIN Inhil sudah menjalin komunikasi terutama dengan Pemerintah Daerah. Dan bahkan disebutkannya hasil komunikasi itu sudah mendapatkan “lampu hijau” dengan akan dilakukannya beberapa kesepahaman.

“Saat ini kita sedang menunggu penjadwalan untuk melakukan beberapa MoU dengan Pemerintah Daerah terutama dalam mensinergikan berbagai progam kerja,” Tuturnya

“Di berbagai OPD banyak pembinaan program-program serupa. Dalam hal ini, KADIN misalnya bisa menjelalin kerjasama dalam penyediaan bidang tenaga ahli untuk memberikan pelatihan-pelatihan itu,” Katanya lagi.

Disamping itu, untuk pembenahaan didalam tubuh organisasi, Iyan menyebut tidak akan terlalu banyak. Ia mengaku hanya akan lebih meningkatkan pemahaman tentang “job description”.

“Kalau pengurus lebih memahami gambaran tugasnya masing-masing, pasti jalannya roda organisasi akan dapat begulir dengan baik.” Ucapnya mengakhiri.

 

Laporan: Fsl

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.