Kami sampaikan kabar untuk anda

Belum ditemukan kasus virus corona di Inhil. Dinkes lakukan langkah antisipasi

infografik: kompas.com

Tembilahan, detikriau.org – Pemkab Indragiri Hilir memastikan hingga saat ini belum ditemukan adanya warga yang terindikasi terjangkiti wabah pneumonia (virus corona).

Untuk mengantisipasi penyebaran virus mematikan yang awalnya diketahui merebak di provinsi wuhan, china sejak akhir desember 2019 yang lalu itu, Pemkab Inhil melalui Dinas kesehatan melakukan sejumlah langkah antisipasi.

“hingga hari ini belum kita temukan adanya penderita pneumonia di  wilayan inhil namun sejumlah upaya kewaspadaan dini tetap kita lakukan.” sampaikan kepala dinas kesehatan inhil, Zainal Arifin

Langkah antisipatif itu menurut zainal pihaknya terus menjalin komunikasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Riau, disamping melakukan sosialisasi mengenai virus corona ketingkat masyarakat luas.

Untuk arus kedatangan pengunjung dari luar negri, Dinkes berkoordinasi dengan Kantor kesehatan pelabuhan (KKP) untuk melakukan pemantauan.

“kita juga sarankan kepada masyarakat yang mengalami gejala demam, batuk, sesak nafas terutama mereka yang baru kembali dari berkunjung ke sejumlah Negara yang terjangkiti virus ini untuk segera memeriksakan diri ke pusat pelayanan terdekat.” Imbau Zainal

Korban tewas akibat Virus corona capai 56 orang

Sementara itu mengutip dari laman cnbcindonesia.com Korban tewas akibat Virus Corona meningkat menjadi 56 orang dari total 1.975 kasus yang dilaporkan, sebagaimana dikutip dari AP News. Presiden Xi Jinping menyebut penyebaran virus ini menjadi situasi yang sulit.

Agen-agen perjalanan telah diberitahu untuk menghentikan semua tur kelompok, surat kabar China Daily berbahasa Inggris milik pemerintah melaporkan, mengutip Asosiasi Layanan Perjalanan China.

Jutaan orang yang bepergian selama liburan telah memicu penyebaran wabah secara nasional dan luar negeri setelah dimulai di kota Wuhan di China tengah. Sebagian besar infeksi dan semua kematian telah terjadi di daratan Cina, tetapi kasus baru bermunculan.

Singapura melaporkan kasus keempat pada hari Minggu, seorang pria berusia 36 tahun dari Wuhan. Kementerian Kesehatan mengatakan dia tidak menunjukkan gejala apa pun dalam penerbangannya. Dia menderita batuk pada hari berikutnya, mencari pengobatan pada 24 Januari dan segera diisolasi.

Korea Selatan mengkonfirmasi kasus ketiganya, menurut kantor berita Yonhap. Di jantung wabah di mana 11 juta penduduk sudah terkunci, Wuhan melarang sebagian besar penggunaan kendaraan, termasuk mobil pribadi, di pusat kota mulai hari Minggu, media pemerintah melaporkan. Hanya kendaraan resmi yang akan diizinkan, kata laporan itu.

Kota itu akan menugaskan 6.000 taksi ke lingkungan itu, di bawah manajemen komite penduduk, untuk membantu orang-orang berkeliling jika mereka perlu, kata China Daily.

Di Hong Kong, pemimpin Carrie Lam mengatakan pemerintahnya akan meningkatkan tingkat responsnya terhadap keadaan darurat, yang tertinggi, dan menutup sekolah dasar dan menengah selama dua minggu lagi di atas liburan Tahun Baru Imlek minggu depan. Mereka akan dibuka kembali 17 Februari.

Lam mengatakan penerbangan langsung dan kereta api dari Wuhan akan diblokir sebagai tanda meningkatnya ketegangan pada sistem perawatan kesehatan Wuhan, Xinhua News Agency resmi melaporkan bahwa kota itu berencana untuk membangun rumah sakit darurat kedua dengan sekitar 1.000 tempat tidur. Kota itu mengatakan rumah sakit lain diharapkan akan selesai 3 Februari.

Virus baru berasal dari keluarga besar yang dikenal sebagai corona virus, beberapa menyebabkan tidak lebih buruk daripada pilek. Ini menyebabkan gejala pilek dan flu, termasuk batuk dan demam, dan dalam kasus yang lebih parah, sesak napas. Ini dapat memperburuk pneumonia, yang bisa berakibat fatal.

laporan: Am

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.