Kami sampaikan kabar untuk anda

5 Manfaat Air Kelapa Tua, Salah Satunya Menurunkan Gula Darah

Ilustrasi Kelapa. r7000.com

Jakarta – Air kelapa adalah salah satu jenis minuman pelepas dahaga yang banyak disukai orang. Selain menyegarkan, kelapa juga diyakini memiliki banyak manfaat kesehatan. Manfaat air kelapa tua untuk kesehatan didapatkan dari berbagai mineral dan nutrisi yang dikandungnya.

dilansir laman Tempo.co, semakin tua usia buah kelapa, maka jumlah kandungan air dan dagingnya pun akan semakin lengkap dan maksimal. Tak ayal apabila kandungan nutrisi dari air maupun daging buah yang sudah tua secara umum akan lebih tinggi dibandingkan kelapa yang muda. Seiring berjalannya waktu di atas pohon, buah kelapa akan terus menerus mengalami kenaikan berat dan ukuran. Umumnya, daging buah kelapa tua lebih tebal, bertekstur kasar, dan memiliki cita rasa yang gurih.

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Yadanabon University Research Journal pada 2017 mengatakan bahwa daging Cocos nucifera yang tua memiliki kandungan kalori, protein, lemak, dan serat lebih banyak daripada daging kelapa muda. Jika kebutuhan Anda adalah untuk membuat santan, sebaiknya gunakan buah kelapa yang sudah tua karena biasanya daging buahnya lebih berlimpah.

Pada dasarnya, baik air kelapa tua maupun yang tua sama-sama memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Kendati demikian, manfaat air kelapa yang terkandung juga tergantung pada jenis kebutuhan tubuh Anda.

Maka dari itu, penting untuk memahami kebutuhan Anda terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengonsumsi buah satu ini. Secara umum, berikut sederet manfaat air kelapa untuk kesehatan tubuh.

1. Menurunkan tekanan darah tinggi
Salah satu manfaat air kelapa tua adalah menurunkan tekanan darah tinggi. Sebuah penelitian kecil dilakukan pada orang dengan tekanan darah tinggi. Hasilnya, air kelapa dapat menurunkan tekanan darah tinggi sebesar 71 persen. Selain itu, kandungan kalium yang tinggi dan natrium rendah di dalam air kelapa juga berperan penting dalam menawarkan manfaat satu ini.

2. Sebagai sumber antioksidan yang baik bagi tubuh
Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang diproduksi dalam sel tubuh Anda selama proses metabolisme. Produksi radikal bebas dalam tubuh akan meningkat sebagai respons terhadap stres atau cedera. Ketika terlalu banyak zat radikal bebas dalam tubuh maka bisa menyebabkan sel-sel tubuh Anda menjadi rusak dan meningkatkan risiko penyakit. Nah, kandungan antioksidan yang terdapat dalam air kelapa dipercaya dapat membantu menetralkan stres oksidatif dan radikal bebas yang muncul.

3. Membantu menurunkan gula darah
Manfaat air kelapa tua lainnya adalah membantu menurunkan kadar gula darah. Air kelapa merupakan sumber magnesium, potasium, mangan, vitamin C, yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin sehingga membantu menurunkan kadar gula darah yang tinggi. Meski demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat air kelapa satu ini. Pasalnya, penelitian tentang gula darah ini masih dilakukan pada hewan tikus.

4. Meningkatkan kesehatan jantung
Minum air kelapa juga dipercaya dapat menjaga kesehatan jantung. Suatu penelitian yang dilakukan pada hewan uji mengemukakan bahwa hewan yang mengonsumsi air kelapa muda bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan trigliserida, serta menurunkan perlemakan hati.

Peneliti memberikan air kelapa sebanyak 4 mililiter per 100 gram berat badan hewan uji. Jika dibandingkan pada manusia, maka ini adalah dosis yang sangat tinggi. Misalnya, seseorang yang memiliki berat 68 kilogram harus mengonsumsi 2,7 liter air kelapa setiap harinya. Kendati demikian, penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan.

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.