Kami sampaikan kabar untuk anda

Rentan Peretasan, Pemerintah AS Minta Pengguna Perbarui Firefox

reporter: Tempo

Firefox. mozilla.org

Jakarta – Jika Anda menggunakan peramban web Mozilla Firefox, pemerintah Amerika Serikat merekomendasikan Anda memperbarui peramban itu karena sebuah kerentanan zero-day diketahui memungkinkan peretas mengambil kendali atas komputer Anda.

Badan Keamanan Cybersecurity dan Infrastruktur (CISA) Departemen Keamanan Dalam Negeri Amerika Serikat mendorong mereka yang menggunakan browser Firefox untuk memperbarui ke versi 72.0.1 dan ESR 68.4.1.

“Mozilla telah merilis pembaruan keamanan untuk mengatasi kerentanan di Firefox dan Firefox ESR. Seorang penyerang dapat memanfaatkan kerentanan ini untuk mengendalikan sistem yang terpengaruh. Kerentanan ini terdeteksi dalam eksploitasi di alam liar,” pernyataan CISA yang diterbitkan pada hari Rabu lalu.

Mozilla mengetahui kerentanan dan mengeluarkan perbaikan untuk itu dalam versi pembaruan terbaru pada hari Rabu, 8 Januari. Kerentanan zero-day (CVE-2019-17026) dilabeli oleh perusahaan sebagai “kritis” dan dapat memungkinkan peretas potensial memiliki pintu terbuka untuk mengakses browser dan komputer pengguna.

Mozilla mengatakan bahwa perusahaan cybersecurity China Qihoo 360 menemukan dan melaporkan kerentanan itu kepada perusahaan.

Menurut Forbes, kerentanan zero-day berarti “kerentanan keamanan yang tidak diketahui oleh vendor produk atau peneliti keamanan, tetapi yang terpenting, diketahui mengancam oleh aktor yang kemudian dapat mengeksploitasinya.”

Memperbarui peramban Firefox Anda untuk melindungi Anda dari kerentanan ini mudah. Pertama, buka bilah menu browser Anda dan klik Tentang Firefox. Jendela baru akan terbuka dan akan mulai memeriksa setiap pembaruan, mengunduhnya secara otomatis. Kemudian, setelah unduhan selesai, pastikan untuk mengklik Restart untuk memperbarui Firefox sehingga memastikan Anda menggunakan versi terbaru (72.0.1).

Terlepas dari kerentanan ini, Firefox adalah runner-up dari Google Chrome untuk browser web terbaik, menurut pilihan Digital Trends. Firefox lebih mengutamakan privasi daripada Chrome dan relatif cepat.

Firefox telah membuat pembaruan terbaru pada bulan lalu yang mencakup perlindungan privasi yang lebih baik dengan dukungan anti-pelacak, peningkatan sinkronisasi kata sandi di seluruh perangkat, dan peringatan pelanggaran terintegrasi.

Pada bulan November, Firefox juga membuat pembaruan di Firefox 70 yang memungkinkan Anda untuk menyembunyikan pop-up izin pemberitahuan yang bisa mengganggu.

DIGITAL TRENDS | FORBES

 

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.