Kami sampaikan kabar untuk anda

Punya Saldo Bank di Atas Rp 1 M? Siap-siap Dikejar Pajak!

reporter: CNBC Indonesia

Foto: CNBC Indonesia

Jakarta  – Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (DJP) tengah mengejar para artis hingga Youtuber yang memiliki saldo di atas Rp 1 miliar di tabungannya. Bahkan, saat ini DJP telah memiliki daftar nama para artis cs tersebut.

Direktur Pemeriksaan dan Penagihan DJP, Irawan mengatakan data tersebut telah berada di Kantor Pajak Pratama (KPP) masing-masing dan akan segera di analisis datanya.

“Kita akan analisis datanya dulu, apakah saldo tabungannya itu penghasilan di tahun yang sama semua atau tidak dan apakah sudah dilaporkan di SPT nya apa belum,” ujar Irawan di Komplek TVRI, Senin (25/11/2019).

Namun, Irawan menjelaskan belum bisa membeberkan jumlah daftar artis yang telah dikantongi namanya. Yang pasti, pihaknya akan terus mengejar para pemilik tabungan di atas Rp 1 miliar, baik artis ataupun tidak.

“Itu (jumlahnya) yang belum boleh kita kasi tau,” kata dia.

Irawan menjelaskan, langkah pemeriksaan yang dilakukan akan sesuai dengan aturan yang ada. DJP tidak akan langsung melakukan penindakan dengan pemotongan pajak tanpa data rinci mengenai tahun pemasukan uang tersebut.

“Kita nanti sosialisasi dulu lah. Enggak langsung kita periksa tapi kita lebih ke pada cek lagi SPT nya, ada penghasilan belum dilaporkan apa gimana,” tegasnya.

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.