Kami sampaikan kabar untuk anda

Seniman Tiga Negara Ramaikan Festival Bumi Sri Gemilang di Tembilahan

“Digelar sejak tanggal 11 hingga 17 November 2019”

Tembilahan, detikriau.org — Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir melalui Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga Kebudayaan (Disparporabud) Inhil, kembali menggelar  Festival Bumi Sri Gemilang di Tembilahan.

Kegiatan yang bertajuk seni serumpun ini diikuti tiga negara, yakni Indonesia sebagai tuan rumah, kemudian Singapura dan Malaysia.

“Dalam kegiatan ini akan ditampilkan berbagai macam kesenian, baik dalam maupun luar negeri, seperti Sanggar Era Dance Theatre Ltd  dari Singapura dan Sanggar Asbari Dance Theatre Universitas Malaya, Kuala Lumpur Malaysia,” ujar Kadis Parporabud Inhil, H Junaidy Ismail.

Menurut Junaidy, Festival Bumi Sri Gemilang merupakan seni serumpun yang sudah digelar sejak tahun 2004 silam. Festival kali ini adalah yang ke XVIII, dilaksanakan tanggal  11 hingga 17 November 2019 ini.

Festival Bumi Sri Gemilang kali ini juga dimeriahkan dengan penampilan-penampilan seni dari provinsi tetangga seperti,   Sanggar Anak Negeri Kota Jambi dari Provinsi Jambi, Sanggar Antropologi Universitas Malikussaleh Nangru Aceh Darussalam, Sanggar Sedulang Setudung Kabupaten Banyu Asin Sumatera Selatan.

Ada juga penampilan dari Lembaga Kesenian Bunga Tanjung Deli Serdang Sumatera Utara, Sangar Pelangi Budaya Studio Tanjung Balai Karimun Provinsi Kepulauan Riau, Sanggar FH Art Commonity Padang Panjang Sumatera Barat, dan khusus sanggar yang ada di Inhil akan tampil Sangar Tiga Dara , Sangar Citra Sebati dan Sri Gemilang.

Panitia juga akan menampilkan tari persembahan tingkat SD se Inhil,  penampilan tari kreasi tingkat SMP dan SMA se Inhil, juga ada penampilan lomba tari dan lagu dengan total hadiah 19 juta  untuk tingkat SD, SMP, SMA dan Lomba lagu dandut melayu.

“Kita harapkan event yang digelar ini, selain dapat menjadi wadah sanggar-sanggar seni yang ada di Inhil dalam berekspresi juga dapat sebagai pembelajaran dengan datangnya sanggar-sanggar seni dari luar,” imbuh Junaidy Ismail./rls

 

Editor: Amrul

 

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.