Kami sampaikan kabar untuk anda

Wagubri Pinta Bupati dan Walikota Evaluasi Pengelolaan lahan Parkir oleh Kelompok Preman Berkedok Ormas

“Tindaklanjut Imbauan Mentri Dalam Negri, Tito Karnavian”

“Wagubri juga singgung kasus pemukulan preman parkir terhadap pekerja kontraktor pelaksana proyek jalan di Inhil”

“Mendagri: “Saber pungli parkir dan tim pemberantasan preman harus dilakukan untuk melindungi masyarakat serta menindak oknum aparat yang melindungi pengelolaan parkir liar.

Wakil Gubernur Riau, Edy Afrizal Natar Nasution. Foto: riaulink

Pekanbaru, detikriau.org – Wakil Gubernur Riau, Edy Afrizal Natar Nasution meminta pemerintah kabupaten kota di Riau menindaklanjuti amaran Mentri Dalam Negri (Mendagri) Tito Karnavian untuk mengevaluasi pengelolaan lahan parkir oleh kelompok preman berkedok ormas.

Tindaklanjut persoalan ini menurut Gubri diperlukan agar hasil pengelolaan parkir tepat sasaran untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD), bukan hanya dinikmati oleh segelintir orang.

“Pada prinsipnya kita mendukung apa yang disampaikan pak Mendagri. Silahkan didalami sama pak Bupati dan Wali Kota,” kata Wagubri

Dalam kesempatan itu, Wagubri juga sempat menanggapi silangsengketa antara pengelola parkir dengan pelaksana pekerjaan proyek di Inhil yang berujung pemukulan oleh “preman” pengelola parkir yang merasa lahan kerjanya terganggu pekerjaan proyek jalan.

Wagubri juga menilai, selama ini banyak lahan parkir yang dimanfaatkan oleh preman untuk meraup uang, demi kepentingan pribadi dan kelompok.

“Itulah saya bilang, tidak boleh seperti itu. Apa yang disampaikan Mendagri itu saya pikir benar. Harusnya tidak boleh seperti itu,” Akhiri Wagub.

Dilansir cnnindonesia, sebelumnya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meminta jajaran pemda untuk menindak tegas premanisme di lahan parkir. Ia meminta para kepala daerah bekerja sama dengan penegak hukum untuk menangani organisasi masyarakat yang melakukan pungutan liar tarif parkir.

“Saber pungli parkir dan tim pemberantasan preman harus dilakukan untuk melindungi masyarakat serta menindak oknum aparat yang melindungi pengelolaan parkir liar. Sehingga perlu dukungan aparat penegak hukum dan aparat keamanan untuk penegakan saber pungli dan penindakan premanisme,” kata Juru Bicara Mendagri Bahtiar meneruskan pernyataan Tito lewat keterangan tertulis, Rabu (6/11).

Tito pun meminta para gubernur turun tangan untuk memastikan pengelolaan parkir tidak merugikan masyarakat.

“Pak Mendagri mengimbau agar gubernur, bupati/walikota untuk melakukan penertiban pengelolaan perparkiran di daerah. Jangan sampai merugikan masyarakat dan merusak iklim investasi,” kata Bahtiar.

Menurut regulasi, kata dia, perparkiran bisa dikelola melalui dua cara. Pemda bisa menugaskan aparat untuk mengelola dan memungut retribusi parkir. Pemda juga bisa bekerja sama dengan pihak ketiga untuk mengelola parkir.

Tito menilai retribusi parkir sebenarnya bisa menjadi sumber pemasukan yang besar untuk wilayah perkotaan. Namun di sisi lain sektor ini berpotensi tinggi menimbulkan pungutan liar. sehingga pendapatan pemda jadi tak optimal.

“Tata kelola parkir yang buruk jelas sangat merugikan masyarakat, apalagi jika dipungut oleh preman atau berkedok ormas, kemungkinan besar terjadi pungli,” tegasnya.

Sumber: riaulink/cnnindonesia    Editor: faisal

 

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.