Kami sampaikan kabar untuk anda

Mahfud Bantah Larang Pemakaian Kata Kafir di Masjid

reporter: Vivanews

Yogyakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan HAM, Mahfud MD mengaku menjadi korban pelintiran bohong atau hoaks. Hoaks ini, terkait dengan pernyataan Mahfud tentang melarang pemakaian kata kafir di dalam masjid.

Mahfud menerangkan, hoaks ini dibuat dan disebarkan oleh orang iseng di media sosial. Sehingga, seakan-akan dia melarang pemakaian kata kafir.

“Ada orang iseng di medsos mengatakan, Menkopolhukam melarang berkata kafir di masjid. Itu berita pelintiran, bohong,” kata Mahfud di Universitas Islam Indonesia (UII), Jalan Cik di Tiro, Kota Yogyakarta, Senin 28 Oktober 2019.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini menegaskan, tak mungkin dia melarang menggunakan kata kafir di dalam masjid.

Mahfud menyebut, setiap hari dia selalu membaca surat Al-Kahfi dan Al-Waqiah. Di dalam surat itu banyak termuat kata kafir.

“Mahfud itu setiap hari mengaji surat Al-Kahfi. Mengaji membaca surat Al-Waqiah, yang kata-kata kafirnya itu lebih dari 10. Sehingga, lebih dari 10 kali saya mengatakan kata kafir. Jadi, tidak mungkin saya melarang (penggunaan) kata kafir,” kata Mahfud.

Guru Besar Fakultas Hukum UII ini menyebut, dia hanya meminta para penceramah di masjid untuk menyampaikan kotbah dengan materi yang menyejukkan. Selain itu, Mahfud juga meminta, agar penceramah di masjid tak mengafirkan orang lain yang berbeda mahzab.

“Jangan suka mengafirkan orang yang berbeda pendapat. Sekarang ini kan, banyak orang mengafirkan orang, karena beda pendapat. Jadi, saya tidak melarang kata kafir, tetapi melarang mengafirkan orang yang berbeda mazhab,” tegas Mahfud.

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.