Kami sampaikan kabar untuk anda

Mimpi Jokowi untuk Ekonomi Indonesia di 2045

reporter: VIVA

Presiden Joko Widodo saat pelantikan presiden dan wapres terpilih. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay).

Jakarta – Presiden Jokowi mengaku produk domestik bruto (PDB) Indonesia akan mencapai US$7 triliun (Rp97 ribu triliun) pada 2045. Ia mengaku bahwa saat itu posisi Indonesia berada di lima besar dunia.

“Mimpi kita tahun 2045 adalah produk domestik bruto Indonesia, yang angkanya hampir Rp100 ribu triliun. Indonesia sudah masuk 5 besar ekonomi dunia dengan kemiskinan mendekati nol persen. Kita harus menuju ke arah sana,” ujar Jokowi, dalam pidatonya, seperti dikutip dari VIVAnews.

Dalam hitung-hitungannya, pendapatan masyarakat mencapai Rp320 juta per kapita per tahun atau Rp27 juta per kapita per bulan. “Itulah target kita. Target kita bersama,” tegasnya.

Mimpi itu memang menjadi harapan selama ini. Bertepatan dengan 100 tahun Indonesia, Jokowi mengatakan Indonesia harus keluar dari jebakan sebagai negara berpendapatan menengah.

Optimisme itu, menurutnya bukan hanya diucapkan. Tetapi, pihaknya sudah menghitung matang-matang bahwa PDB tertinggi kelima di dunia, bisa dicapai pada tahun tersebut.

“Kita sudah hitung, sudah kalkulasi, target tersebut sangat masuk akal dan sangat memungkinkan untuk kita capai,” ujar Jokowi.

Hanya saja, untuk meraih ke sana tentu tidak bisa dilakukan dengan berpangku tangan. Jokowi mengatakan, perlu kerja keras bersama dan kerja cepat bangsa Indonesia disertai kerja-kerja yang produktif.

Sebagai informasi, Jokowi dan Ma’ruf Amin resmi menjabat sebagai Presiden dan Wakil Presiden untuk periode 2019-2024.

Keduanya dilantik dan diambil sumpah di Gedung DPR/MPR RI Minggu, 20 Oktober 2019 pukul 16.04 WIB, atau telat 1 jam 34 menit dari yang dijadwalkan.

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.