Kami sampaikan kabar untuk anda

Tingkatkan Kualitas, Dinas Perkim dan Cipta karya Inhil Gunakan Beton K 175

Foto Ilustrassi: Internet

Tembilahan, detikriau.org –  Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Cipta Karya Kabupaten Indragiri Hilir memberlakukan penggunaan beton readymix K 175 untuk pengerjaan sejumlah proyek pengecoran jalan lingkungan.

Pemberlakukan peningkatan kualitas beton ini baru diterapkan pada sejumlah lokasi proyek yang metrial betonnya memungkinkan untuk dimobilisasi menggunakan truk mixer.

“belum seluruh proyek pengecoran jalan lingkungan menggunakan beton mutu K 175. Kita baru memberlakukan untuk sejumlah lokasi proyek yang memungkinkan untuk dilakukan mobilisasi material dengan menggunakan truk mixer,”Ujar Kepala Dinas Perkim dan Cipta Karya, Tengku Edy Efrizal ditemui diruang kerjanya, kamis (17/10)

Menurut Tengku Edy, dengan tofografi daerah dataran rendah, pengerjaan jalan di Inhil yang terbaik seharusnya menggunakan beton rigid. Hanya saja pertimbangan keterbatasan dana, pemberlakuannya masih belum memungkinkan.

“Pertimbang utama tentu masalah ketersediaan anggaran. Penggunaan beton mutu K 175 untuk pengecoran jalan lingkungan, saat ini saya nilai sudah mampu meningkatkan kualitas proyek yang pastinya akan berdampak pada peningkatan usia pakai,” Tekankan Tengku Edy

Batching plant. Ffoto ilustrasi: Net

Sementara itu ditempat yang sama, kabid Perkim, Mashudi menambahkan, dalam pengerjaannya, Dinas meminta kepada rekanan pelaksana proyek untuk mengadakan beton mutu K 175 dengan memasok dari sejumlah pengusaha pencampuran beton yang menggunakan Batching plant. Sebab jika dilakukan pencampuran secara manual dilapangan, dikhawatirkan kualitas mutu beton yang diinginkaan sulit akan terpenuhi.

“dengan peralatan manual tentu kualitas beton akan sulit untuk dicapai. Apalagi dalam pengolahannya ada beberapa pemberlakuan khusus. Kita sudah bicarakan dengan pihak konsultan mengenai hal ini,”ditambahkannya

Ia juga mejelaskan, untuk Inhil ada beberapa pengusaha Batching plant. Pihak Dinas menurutnya memperbolehkan rekanan untuk  memasok dari pengusaha manapun.

“jika nanti dari hasil uji laboratorium kualitas beton tidak sesuai spek, rekanan tentu bisa komplain ke penyedia. Tapi ingat, yang kita akan uji lab, kubus beton dilokasi proyek, bukan di lokasi Batching plant.” Akhirinya.

Untuk sekedar diketahui, Arti dari beton mutu K 175 yaitu menjunjukan karakteristik beton. Pengecekan beban tersebut dapat diketahui dengan menggunakan alat pengecekan khusus beton. Beton mutu K 175 termasuk dalam kelas D atau untuk konstruksi bangunan proyek ringan yaitu konstruksi non struktural.

Kegunaan secara umum beton dengan mutu K175 tersebut biasa digunakan pada proyek pengecoran lantai, jalan gang, dinding rumah dll.

Batching plant merupakan alat yang berfungsi untuk mencampur/memproduksi beton ready mix dalam produksi yang besar. Batching plant digunakan agar produksi beton ready mix tetap dalam kualitas yang baik, sesuai standar, nilai slump test dan strength-nya stabil sesuai yang diharapkan, untuk itu komposisi material harus terkendali.

Dalam  tipe dry mixed,  batching plant berfungsi hanya untuk menimbang saja, pengadukan beton ready mix dilakukan pada concrete mixer truck. Semua material yang akan diaduk, sebelumnya ditimbang sesuai dengan mix design dengan memperhitungkan kandungan air dalam material, baik dalam agregat kasar maupun agregat halus (pasir).

Sedangkan Concrete mixer truck adalah kendaraan truk khusus yang dilengkapi dengan concrete mixer yang fungsinya mengaduk/mencampur campuran beton ready mix, sama dengan alat molen. Concrete mixer truck digunakan untuk mengangkut adukan beton ready mix dari tempat pencampuran beton ke lokasi proyek. Selama pengangkutan, mixer terus berputar dengan kecepatan 8-12 putaran per menit agar beton tetap homogen dan beton tidak mengeras./Fs

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.