Kami sampaikan kabar untuk anda

Ajukan Kepemilikan Paspor, Perhatikan Tiga “Rambu” yang Sebabkan Permohonan ditolak.

Kepala Kantor Imigrasi Tembilahan, Najarudin Safaat./ Foto: detikriau/Fs

Tembilahan, detikriau.org – Kepemilikan Paspor merupakan hak setiap Warga Negara Indonesia (WNI), namun hak itu adalah hak hukum. Maknanya, hak itu baru bisa diberikan apabila ketentuan-ketentuan hukum yang disyaratkan untuk mendapatkan dokumen bagi WNI yang akan bepergian ke Negara lain itu sudah terpenuhi.

Kepada detikriau.org , Kepala Kantor Imigrasi Tembilahan, Najarudin ditemui diruang kerjanya mengatakan bawah disamping dokumen utama (KTP, KK, dan Akte Kelahiran), diberikan atau tidaknya hak itu kepada pemohon sangat ditentukan melalui proses wawancara.

Dalam melakukan wawancara kepada si pemohon, menurut Najarudin, Dirjen Imigrasi memberikan tiga “rambu” yang harus terpenuhi. Ketiga rambu tersebut adalah, Tindak Pidana Perdagangan Orang, Tindak Pidana Penyelundupan Manusia, serta Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Non Prosedural.

“Artinya petugas pewawancara akan menggali informasi sedalam mungkin kepada pemohonan tentang ada atau tidaknya indikasi yang mengarah kepada ketiga rambu tersebut,” Ujar Najarudin, senin (14/10/2019)

“Sebetulnya apabila seorang WNI datang untuk memohonkan paspor dan mampu memberikan penjelasan yang jelas , lengkap dan masuk akal, tentu tidak ada masalah. Pengajuan paspor pasti akan disetujui,” kembali ditegaskannya.

Untuk itu Najarudin berpesan kepada seluruh masyarakat yang mengajukan permohonan penerbitan Paspor untuk memberikan keterangan yang sejujur-jujurnya saat menjalani proses wawancara.

“yang terpenting juga, jangan mengurus melalui pihak lain. Petugas kita siap untuk memberikan pelayanan professional dan terbaik,” Akhirinya./Fs

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.