Kami sampaikan kabar untuk anda

Hapus denda pajak kendaraan, masyarakat diimbau manfaatkan kesempatan waktu selama 45 hari

Foto: Net

PEKANBARU, detikriau.org –  Ringankan beban masyarakat membayar pajak, Gubernur Riau Syamsuar melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Riau menghapuskan denda pajak kendaraan.

Diimbau kepada masyarakat untuk memanfaatkan masa pemutihan denda pajak kendaraan selama lebih kurang 45 hari, terhitung mulai tanggal 15 Oktober hingga tanggal 14 Desember 2019 mendatang.

“Sedikitnya ada 1 juta kendaraan roda dua dan empat nunggak bayar pajak. Dari angka itu 80 persennya merupakan kendaraan roda dua,”ungkap Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Riau, Drs H Indra Putrayana M.Si, Senin (7/10/2019) kemaren di Pekanbaru.

Lebih lanjut Indra mengatakan alasan banyaknya kendaraan banyak tidak bayar pajak disebabkan beberapa faktor, pertama karena murahnya membeli kendaraan roda dua, dengan Down Payment (DP) atau uang muka Rp500 ribu.

“Dengan DP murah, masyarakat membayar angsuran satu tahun pertama mereka lancar, tapi setelah itu banyak menunggak dan ditarik leasing. Kalau sudah diambil leasing tentu pajak tak dibayar,” paparnya.

“Kemungkinan lain karena motornya hilang dicuri, dan itu jumlah kendaraannya cukup banyak. Kemudian banyak juga kendaraan yang masuk kebun, dan ada sebagian masyarakat terlambat membayar pajak,” katanya.

Untuk itu, Indra mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan masa pemutihan denda pajak kendaraan selama lebih kurang 45 hari. Yang akan dimulai 15 Oktober sampai 14 Desember 2019 mendatang.

Ditambahkannya, secara keseluruhan saat ini terdapat 2,3 juta kendaraan roda dua dan roda empat yang tercatat berada di Riau dan Wajib Pajak.

Sumber: MCR   Editor: Faisal

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.