Kami sampaikan kabar untuk anda

Pekerjaan Perbaikan Ruas Jalan Lagi-Lagi Terhenti. Ini Sikap Dinas PUPR Inhil

“Illiyanto: Intinya harus segera dimediasikan untuk dicarikan solusi agar tidak ada pihak yang merasa dirugikan”

pekerjaan penimbunan lapisan base di ruas jalan H Abdul Manaf. Minggu (22/9). Foto: arsip detikriau.org/Fs

Tembilahan, detikriau.org – Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Indragiri Hilir, Ir H Illyanto MT menegaskan untuk segera kembali mengupayakan mencari solusi terkait permasalahan bentrok kepentingan antara rekanan pelaksana pekerjaan proyek ruas jalan H Abdul Manaf, jalan H Sadri dan jalan Batang Tuaka dengan pihak pengelola parkir yang menyebabkan terhambatnya proses pengerjaan.

Illyanto menerangkan bahwa pihak Dinas PUPR kembali akan memintakan kepada Dinas Perhubungan selaku Instansi berwenang dengan masalah pengelolaan parkir untuk segera menindaklanjuti.

“Jadi bukan kita membiarkan. Sebelumnya sudah kita coba lakukan mediasi tapi nyatanya memang belum juga selesai. Untuk hal ini, pihak kami akan kembali memintakan kepada Dinas Perhubungan untuk segera menindaklanjuti dan mencarikan solusi,” Ujar Illiyanto menjawab komfirmasi detikriau.org, Senin (23/9)

Menurut Illiyanto, pekerjaan perbaikan sejumlah ruas jalan didalam kota Tembilahan tidak boleh terhambat apalagi jika sampai tidak terselesaikan karena semuanya menyangkut kepentingan masyarakat banyak.

Illiyanto juga tidak menampik bahwa disamping kewajiban penyelesaian pekerjaan kepada rekanan pelaksana, diruas jalan tersebut, pengelola parkir memiliki hak pengelolaan atas kontrak kerja mereka sebagai pengelola pungutan retribusi.

“Intinya harus dimediasikan agar tidak ada pihak yang merasa dirugikan. Dinas Perhubungan termasuk Pihak Koperasi yang menjadi pembuat kontrak atas nama Dinas kepada pengelola parkir yang tentunya lebih tepat untuk mencarikan solusi secepat mungkin. Bisa saja misalnya dengan melakukan addendum atas kontrak pengelolaan parkir.”menurut Illiyanto

Agar mediasi persoalan dapat segera dilakukan, Illiyanto mengaku sudah memintakan kepada rekanan pelaksana untuk menyampaikan surat resmi terkait penghentian pekerjaan kepada Dinas PUPR yang nantinya akan segera diteruskan kepada Dinas Perhubungan Inhil.

Disamping semua persolan itu, Illiyanto menyatakan masih tetap berkeyakinan proses pekerjaan akan dapat diselesaikan tepat waktu.

“Saat ini pekerjaan masih dalam skedul. Semua material juga sudah tersedia. Mudah-mudahan persoalan ini segera tuntas dan pekerjaan dapat segera dilanjutkan. Kita masih optimis pekerjaan akan dapat diselesaikan tepat waktu.” Akhiri Illiyanto

Sementara itu, pelaksana pekerjaan proyek peningkatan ruas jalan H Abdul Manaf, jalan H Sadri, dan jalan Batang Tuaka, PT Citra Andika dikomfirmasi melalui pelaksana lapangan Eka Agus menyebutkan bahwa pihaknya memang sudah membuatkan surat kepada Dinas PUPR Inhil yang ditandatangani oleh Direktur PT Citra Andika, Rikhi Juliardi terkait pemberitahuan pemberhentian pekerjaan, pada hari ini juga, tertanggal 23 september 2019.

Surat pemberitahuan penghentian pekerjaan ini menurut nya disampaikan untuk yang kedua kalinya setelah surat sebelumnya bernomor  040/AMSBT-PUPR/CA-TBH/IX/2019 tgl 11 september 2019.

“Keputusan untuk melakukan penghentian pekerjaan ini kita lakukan atas pertimbangan keamanan dan keselamatan pekerja proyek dilapangan.” Ujar Eka Agus

Hasil pantauan lapangan, terhentinya proses pekerjaan proyek pada ruas jalan tersebut sempat terjadi sebanyak tiga kali.

Penghentian pertama terjadi saat dilakukan pekerjaan scraf di ruas jalan Batang Tuaka pada tanggal 10 september 2019. Bahkan saat itu, seluruh roda kendaraan alat berat sempat digembosi.

Setelah penghentian pertama, pekerjaan kembali dilanjutkan pada tanggal 21 dan tanggal 22 sepetember 2019 dan di dua waktu pekerjaan tersebut pekerjaan juga dihentikan./dro

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.