Kami sampaikan kabar untuk anda

Pemkab Inhil didesak tuntaskan perbaikan kerusakan ruas jalan di kota Tembilahan

“Tersiar kabar warga akan unjuk protes lebih keras jika perbaikan jalan tidak tuntas hingga akhir tahun”

Genangan air ditengah badan jalan yang hampir memutus ruas jalan H Abd Manaf Tembilahan. Foto: arsip detikriau.org, rabu 18 september 2019

Tembilahan, detikriau.org – Warga meminta Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir untuk segera menyelesaikan pekerjaan perbaikan kerusakan sejumlah ruas jalan di dalam kota Tembilahan. Mereka  khawatir jika melewati batas waktu pengerjaan, miliaran dana yang telah digelontorkan pemerintah pusat melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) akan sia-sia dan impian masyarakat untuk menikmati badan  jalan yang baik entah kapan lagi akan bisa tersampaikan.

“Harusnya disegerakan, pemerintahkan sudah anggarakan dana perbaikannya, apalagi yang harus ditunggu,” ujar salah seorang warga di Tembilahan, rabu (18/9)

Menurutnya, kerusakan sejumlah ruas jalan didalam kota Tembilahan, terutama sepanjang jalan Batang Tuaka, jalan H Sadri, jalan H Abd Manaf, jalan RA Kartini dan jalan Sutan Syarif Qasim terjadi sudah bertahun-tahun.

Dengan kondisi jalan seperti saat ini, disamping mengganggu arus lalu lintas dan menjadikan kesan kumuh kota Tembilahan juga rawan terjadinya kecelakaan.

“Sekarang bentuk protes warga dengan menempatkan berbagai atribut dibadan jalan. Jika tahun ini juga tidak dituntaskan, tidak menutup kemungkinan warga akan bertindak dengan bentuk protes yang lebih keras. Rumor itu saat ini sudah mulai tersebar ditengah masyarkat,” ungkapnya

Sebelumnya, Dinas PUPR Inhil membenarkan bahwa untuk kerusakan sejumlah badan jalan di kota Tembilahan, tahun ini pemerintah sudah menyediakan anggaran perbaikan melalui Dana Alokasi Khusus.

Untuk didalam kota Tembilahan,diprogramkan  tiga paket pekerjaan peningkatan badan dan satu paket pekerjaan perawatan dengan nilai total lebih dari Rp18 miliar, dan seluruh paket tersebut sudah ditunjuk pemenang tender proyek.

Namun berdasarkan informasi yang dirangkum dilapangan, proses pekerjaan perbaikan untuk ruas jalan batang Tuaka, H Sadri dan H Abd Manaf senilai Rp11.4 miliar sempat terhambat akibat tindakan sejumlah orang yang menghentikan paksa pekerjaan dengan menggembosi ban kendaraan alat berat.

Baru-baru ini, dikomfirmasi detikriau.org, Kepala Dinas PUPR Inhil, Illiyanto membenarkan adanya hambatan dilapangan. Menurut Illiyanto persoalan ini dilatarbelakangi adanya perbedaan kepentingan dengan pengelola parkir disejumlah ruas jalan tersebut.

“Iya, ada sedikit persoalan yang belum selesai. Melalui komunikasi yang baik, saya yakin akan bisa tuntas. Saat ini kita sedang bicarakan dengan Dinas terkait untuk mencari jalan keluarnya,” ujar Illiyanto saat itu memberikan komfirmasi

Pantauan lapangan, untuk perbaikan kerusakan jalan di kota Tembilahan, pelaksanaan pekerjaan baru tampak dilakukan pada sebahagian ruas Jalan Batang Tuaka dan pekerjaan perawatan ruas jalan H Said.

Untuk ruas jalan H Sadri, jalan H Abd manaf, jalan Sutan Syarif Qasim dan jalan RA Kartini, H Arsyad Ahmad masih belum dikerjakan. Padahal saat ini tahun anggaran 2019 sudah memasuki minggu ketiga di bulan September.

Diharapkan dengan semakin sempitnya ketersediaan waktu pengerjaan, Pemerintah Kabupaten untuk segera mengambil sikap tegas agar proses penyelesaian pekerjaan dapat tuntas tepat waktu./red

 

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.