Kami sampaikan kabar untuk anda

Tinjau karhutla di Pelalawan. Gubri: Aneh

PEKANBARU – Gubernur Riau Syamsuar merasakan keanehan saat meninjau lokasi kebakaran hutan dan lahan di Kerumutan dan Langgan Kabupaten Pelalawan.

Disampaikan Gubri usai melakukan peninjauan, saat tinjauan yang dilakukan bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian tersebut justru udara di dua daerah itu bersih, tidak gelap seperti di Pekanbaru.

“Ada yang aneh, waktu ninjau tadi (udara) bersih, tak seperti di sini gelap,” kata Gubri, Minggu (15/9/19).

Menurut orang nomor satu di Riau ini, perbedaan itu jelas saat di udara, ketika bertolak dari lokasi ke Pekanbaru. Asap tebal yang menyelimuti Pekanbaru jelas terlihat.

Meski begitu, mantan Bupati Siak ini kemudian mendapatkan penjelasan dari laporan Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) bahwa kebetulan faktor angin. Asap yang dihasilkan dari titik Karhutla ini bergerak membawa ke Pekanbaru.

“Dari pernyataan BMKG tadi, karena faktor angin. Katanya dari laporan yang disampaikan, anginnya bergerak ke Pekanbaru. Nah di Pekanbaru justru anginnya bergerak lambat,” ungkap Syamsuar.

Adapun alasan peninjauan di dua titik di Kabupaten Pelalawan tersebut, karena di lokasi ini terdapat 109 titik sumur minyak. Hal ini tentunya menjadi perhatian jangan sampai ada hal tak diinginkan berakibat patal.

Selain pemadaman dari jalur udara, tim darat juga terus di-standby-kan untuk memaksimalkan pemadaman Karhutla.

“Tadi meninjau Kerumutan, ada lokasi kebakaran di sana. Tapi satu titik saja lagi (api), pasukan darat juga tetap standbykan.

Kenapa ditinjau disitu, karena ada berdekatan dengan sumur-sumur minyak. Disana ada 109 sumur minyak,” ungkap Gubri. /MCR

editor: Ar

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.