Kami sampaikan kabar untuk anda

Mahasiswa Riau desak aparat usut kebakaran Taman Nasional Tesso Nilo

Reporter: ANTARA

Pekanbaru – Puluhan pelajar yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Riau menggelar demo di DPRD Provinsi Riau, Selasa, untuk mendesak aparat hukum mengusut kebakaran yang terjadi di Taman Nasional Tesso Nilo, Kabupaten Pelalawan.

Mahasiswa menyuarakan agar anggota DPRD Riau yang baru saja dilantik, ikut mendesak penegak hukum agar mengusut tuntas adanya indikasi pembalakan liar dan pembakaran hutan di kawasan Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) di Kabupaten Pelalawan, yang terjadi pada Agustus lalu.

“TNTN yang merupakan salah satu upaya untuk melestarikan alam, kini terbakar. Dari 83.000 hektare lahan TNTN, sekarang hanya tinggal 20.000,” ujar salah seorang orator aksi.

Selain mengenai TNTN, mahasiswa-mahasiswa ini juga meminta agar DPRD, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dan penegak hukum lainnya menindak tegas oknum-oknum pembakar lahan, baik itu individu maupun perusahaan.

“Riau kembali dilanda asap, kami sangat prihatin. Sekolah diliburkan, gedung-gedung tinggi tak terlihat lagi. Kita minta pemerintah segera bertindak tegas terhadap perusahaan pembakar lahan,” kata Koordinator Umum Aksi Roby.

Sementara itu, Anggota DPRD Riau, Hardianto dan Syafruddin Iput yang menerima massa aksi, meminta agar Aliansi Mahasiswa Riau yang menggelar unjuk rasa tersebut membawa bukti valid mengenai indikasi pembakaran lahan TNTN tersebut.

“Jadi bukan hanya kecurigaan semata, tapi memang benar adanya, agar kami di DPRD bisa turut mengusut,” ujar Hardianto.

Meskipun demikian, mantan calon gubernur Riau ini menegaskan bahwa dirinya akan meneruskan aspirasi mahasiswa ini ke pimpinan sementara.

“Semua aspirasi akan kita teruskan ke pimpinan. Sedangkan soal Karhutla (Kebakaran hutan dan lahan), memang kita belum bisa berbuat, karena alat kelengkapan dewan dan sebagainya belum dibentuk. Yang jelas, kita semua tidak ingin kejadian 2015 kembali terulang,” tuturnya.

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.