Kami sampaikan kabar untuk anda

Begini Syarat ‘Jeprat-Jepret’ buat Google Maps agar Dapat Duit

Ilustrasi Google Street View. Foto: Istimewa

Jakarta – Fotografi 360 derajat telah menjadi tren beberapa tahun terakhir. Berbekal hobi pada jenis foto tersebut, salah satu fotografer, Tarbis Ribowo (29) hal tersebut ternyata bisa menjadi ladang pundi-pundi uang.

Tapi bukan sekadar asal jepret, loh ya. Tarbis merupakan Street View Trusted Photographer (SVTP), dan untuk mendapatkan sebutan tersebut ia harus menjalani serangkaian verifikasi untuk mendapatkan badge ‘trusted’ atau ‘terpercaya’ langsung oleh Google.

“Mitra Google seperti saya ini tidak mendapat gaji dari Google, atau dengan kata lain kami tidak bekerja untuk Google,” jelasnya ketika dihubungi detikINET.

Lantas dari mana penghasilannya?

“Caranya adalah dengan memberikan proposal atau portofolio sebagai bentuk menawarkan jasa kepada pemilik usaha agar tempat usaha mereka dapat kami dokumentasikan dalam bentuk foto 360 dan virtual reality,” tuturnya.

Foto-foto tersebut nantinya dimasukkan ke Google Maps supaya saat ada pelanggan yang ingin berkunjung bisa menyaksikan gambaran lokasi usaha tersebut sebelum datang langsung ke sana.

Biasanya, perusahaan yang banyak memanfaatkan profesi ini antara lain hotel, restoran, toko, atau taman bermain.

Foto: dok. pribadi

“Jadi, kami sebagai kontributor Google Street View tidak dibayar oleh Google, pemilik hotel tersebutlah yang akan membayar kami, karena kami telah berhasil memberikan jasa yang sangat bermanfaat kepada mereka,” jelas Tarbis.

Nah, buat kalian yang ingin mendapatkan label ‘trusted’ dan bisa disebut sebagai Streetview Trusted Photographer, kalian bisa submit setidaknya 50 foto 360 ke Google Street View. Setelah itu, Google akan mengundang dengan mengirimkan email tanda memenuhi kualifikasi.

Dalam email tersebut, akan dijelaskan bahwa kamu mendapatkan kesempatan untuk dicantumkan dalam indeks terpercaya penyedia jasa fotografi lokal.

Setelah rangkaian pengisian formulir, lencana ‘terpercaya’ akan kamu dapatkan. Juga, nama dan brand akan terdaftar dalam daftar kontak profesional di laman resmi Google View.

Foto: dok. pribadi

“Kami pun siap disewa sebagai jasa profesional,” tutup Tarbis./detikINET

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.