Kami sampaikan kabar untuk anda

Fantastis, Utang Pemerintah Akhir Juni 2019 Capai Rp 4.570 T

Foto: Ilustrasi Dollar (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta – Total utang pemerintah pusat pada akhir Juni 2019 mencapai Rp 4.570,17 triliun. Angka ini naik Rp 342,39 triliun dari Juni 2018 yang mencapai Rp 4.227,78 triliun.

Demikian terungkap dalam data APBN Kita di Juli 2019 yang dikutip CNBC Indonesia, Selasa (16/7/2019). APBN Kita ini merupakan realisasi pada Semester I-2019.

Utang ini terdiri dari Pinjaman dan Surat Berharga Negara [SBN].

Berikut datanya :

Dalam keterangannya, Kemenkeu menulis pengelolaan utang Pemerintah juga telah diatur di dalam UU Keuangan Negara nomor 17 tahun 2003 dan UU APBN yang ditetapkan setiap tahunnya.

UU Keuangan Negara telah mengatur batasan defisit APBN sebesar 3% dari rasio PDB serta batas maksimal rasio utang adalah 60% terhadap PDB, sementara dalam UU APBN yang merupakan produk bersama antara Pemerintah dengan DPR, telah ditetapkan besarnya estimasi pengadaan pembiayaan dan besaran anggaran untuk melunasi utang negara.

“Adanya payung hukum tersebut semakin membuktikan bahwa pengelolaan utang Pemerintah senantiasa dilakukan secara hati-hati dalam batas aman.”

Rasio utang terhadap PDB ini per Juni 2019 mencapai 29,50%./CNBC Indonesia

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.