Kami sampaikan kabar untuk anda

DPD RI Sebut Riau Layak Miliki Embarkasi Haji Penuh

Pekanbaru – Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Dedi Iskandar Batubara menyebutkan Provinsi Riau sudah layak memiliki embarkasi haji penuh apabila memenuhi beberapa syarat tertentu.

Hal tersebut disampaikan dalam kunjungan kerjanya bersama anggota DPD RI lainnya ke asrama Embarkasi Haji Antara (EHA) Riau, Jalan Mekar Sari, Pekanbaru, Senin (8/7).

Dedi menilai, Riau sudah dikategorikan layak apabila memenuhi dua syarat yaitu ruangan asrama yang layak, dan runway bandara yang cukup untuk penerbangan pesawat tujuan internasional.

“Kalau untuk ruangan asrama itu hal yang mudah, tinggal bandara yang masih jadi persoalan,” sebutnya.

Dedi juga membeberkan, sejauh ini jemaah Riau menjadi jemaah terbanyak dari wilayah lainnya seperti Jambi dan Batam. Namun di antara wilayah tersebut, Provinsi Riau yang masih belum memiliki embarkasi haji penuh.

“Dari Riau pasti banyak terus jemaahnya, makanya kalau bisa secepatnya kita adakan embarkasi haji penuh,” tambah Ketua Komisi III DPD RI itu.

Ia menambahkan, perlu adanya sinergitas antara pemerintah daerah bersama stakeholder lainnya untuk mewujudkan cita-cita masyarakat Riau yang telah lama diimpikan yaitu memiliki embarkasi haji penuh.

“Kalau sudah embarkasi haji penuh kan enak, hemat biaya, hemat waktu dan mengingat kondisi jemaah juga. Kalau ada komitmen bersama, semua akan terwujud,” ujar Dedi.

Menanggapi hal tersebut, Asisten I Gubernur Riau Ahmadsyah Harrofie mengharapkan itu segera terwujud. Menurutnya, embarkasi haji penuh memang sudah menjadi harapan sejak lama.

“Embarkasi haji antara saja cukup panjang pengurusannya. Semoga segera menyusul embarkasi penuh,” katanya.

Ahmadsyah juga menyebutkan, dengan adanya dukungan penuh dari komisi III DPD RI akan membuat rencana pembentukan embarkasi penuh dapat terealisasi sesegera mungkin.

“Dukungan ini sangat kita harapkan untuk penyelenggara haji di Riau lebih baik,” tutupnya.

 

Sumber: MCR     Editor : Faisal

 

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.