Kami sampaikan kabar untuk anda

Gempa 5,2 SR Guncang Pangandaran

Detikriau.org – Gempa berkekuatan 5,2 SR mengguncang wilayah Kabupaten  Pangandaran, Jawa Barat, pukul 17.27 Wib, Jumat (21/6/2019). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG) menyebutkan, gempa tidak berpotensi tsunami.

Laman BMKG.go.id meneranggkan bahwa titik gempa berpusat pada 8.51 LS, 108.6 BT atau 92 kilometer Tenggara Pangandaran dikedalaman 10 kilometer.

mengutip dari laman Tempo.co, gempa dikabarkan dirasakan oleh warga yang berada di wilayah Cilacap, Kulonprogo, Bantul dan Kebumen dalam skala intensitas II-III MMI.

Sementara itu, Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Daryono mengatakan, hingga saat ini belum ada laporan kerusakan akibat gempa tersebut. Namun dirinya menjelaskan, aktivitas kegempaan di wilayah tersebut mengalami peningkatan.

“Mencermati aktivitas kegempaan di zona selatan Cilacap dan Pangandaran akhir-akhir ini, tampak ada peningkatan aktivitas seismik. Catatan BMKG, sejak bulan Mei 2019 sudah terjadi 3 kali gempa signifikan yang mengguncang zona selatan Jawa Barat dan Jawa Tengah,” kata Daryono dalam rilis resminya kepada Kompas.com, Jumat (21/6/2019).

Menurut Daryono, sebelumnya tercatat telah terjadi gempa pada 18 Mei 2019 (M=5.6), pada 9 Juni 2019 (M=5.5), dan hari ini 21 Juni 2019 (M=5,2). Ketiga gempa tersebut semuanya dipicu oleh aktivitas subduksi lempeng di kedalaman 30 hingga sekitar 63 km./dro

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.