Kami sampaikan kabar untuk anda

MK Batasi Jumlah Saksi Prabowo-Sandi 17 Orang

Fajar Laksono. (CNN Indonesia/Tiara Sutari)

Jakarta — Mahkamah Konsitusi (MK) membatasi jumlah saksi yang dihadirkan tim Prabowo-Sandiaga Uno dalam persidangan sebanyak 17 orang. Saksi ini dibagi menjadi 15 saksi dan dua ahli.

“Majelis hakim memutuskan bahwa saksi yang dihadirkan 15 saksi dan dua saksi ahli,” ujar juru bicara MK Fajar Laksono di gedung MK, Jakarta, Senin (17/6).

Selain tim Prabowo, kata Fajar, pembatasan jumlah saksi itu juga diatur bagi KPU selaku termohon, Joko Widodo-Ma’ruf Amin sebagai pihak terkait, dan Bawaslu.

Jika saksi yang diajukan melebihi jumlah tersebut, lanjut Fajar, masing-masing pihak dapat menyampaikan pada majelis hakim di muka persidangan.

“Silakan sampaikan ke majelis hakim di persidangan, tergantung nanti memutusnya seperti apa,” kata dia.

Nantinya proses pemeriksaan saksi akan dilakukan secara berurutan masing-masing dari tim Prabowo, KPU, tim Jokowi, dan Bawaslu. “Nanti akan diselesaikan dari pemohon, termohon, pihak terkait kalau ada, Bawaslu kalau ada,” ucap Fajar.

Sementara itu tim hukum Prabowo, Dorel Almir mengatakan telah memiliki daftar saksi yang akan diajukan dalam sidang sengketa pilpres. Pihaknya telah menyiapkan sejumlah saksi fakta dan saksi ahli.

“Ya kami sudah punya daftarnya, pada saatnya nanti kami serahkan di persidangan. Mungkin (jumlahnya) melebihi itu, tapi majelis kan membatasi,” tuturnya.

Tim Prabowo sebelumnya mengklaim akan menghadirkan saksi mencengangkan di persidangan. Saksi ini diklaim cukup sebagai bukti Jokowi-Ma’ruf melakukan kecurangan tersktruktur, sistematis, dan masif (TSM)./CNN Indonesia

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.