Kami sampaikan kabar untuk anda

Sengketa Pilpres di MK, TKN Ngeluh soal Waktu Penyusunan Jawaban

Taufik Basari (Mei Amelia/detikcom)

Jakarta – Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin menilai waktu yang diberikan hakim ketua Mahkamah Konstitusi (MK) untuk menyusun jawaban dari gugatan tim hukum Prabowo-Sandi terlalu singkat. TKN menilai adanya ketidakseimbangan waktu.

“Sebenarnya gini, kalau buat kita sih cukup-cukup saja. Tapi juga ada ketidakseimbangan mengenai waktu ya. Kalau dari pihak pemohon itu punya… mereka menggunakan waktu itu 20 hari, 3 hari pendaftaran setelah penetapan hasil, kemudian mendaftar di tanggal 24 Mei. Kemudian ditambah 17 hari lagi untuk melakukan perbaikan,” kata jubir TKN Taufik Basari di Jalan KH Wahid Hasyim, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (15/6/2019).

Sementara itu, lanjut Taufik, tim hukum Jokowi-Ma’ruf hanya diberi waktu singkat. Dia menilai kebijakan itu tidak seimbang.

“Sementara dari pihak terkait ataupun termohon, itu waktunya sangat sempit, 10 Juni dimasukkan, 11 Juni baru kita terima perbaikan permohonannya, dan kita dikasih kesempatan untuk memperbaiki perbaikan keterangan pihak terkait atau perbaikan termohon itu hanya beberapa hari saja. Jadi dari segi waktu sebenarnya tidak imbang,” katanya.

Meski begitu, dia mengaku menerima putusan MK. Dia mengaku akan menyelesaikan tanggapan itu sesuai dengan jadwal yang ditetapkan.

“Tapi ya okelah kita tetap menerima apa yang sudah disampaikan di sidang kemarin itu dan kita akan laksanakan,” ucap Taufik.

Sebelumnya diberitakan, MK memutuskan sidang sengketa pilpres diundur hingga Selasa, 18 Juni. Tim hukum Jokowi diberi waktu untuk menyerahkan jawaban atas gugatan perbaikan tim hukum Prabowo hingga sebelum sidang dimulai./detikcom

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.