Kami sampaikan kabar untuk anda

Rusia Kerja Sama dengan Huawei, Perang Dingin 5G Dimulai

Foto: Huawei 5G (REUTERS/Jason Lee)

Jakarta – Penyedia jaringan terbesar Rusia, Mobile TeleSystem (MTS) memulai kerja sama dengan raksasa teknologi China, Huawei, untuk membangun interet 5G. Kesepakatan ini semakin memperjelas pembagian dalam perang dingin teknologi yang mengguncang Amerika Serikat (AS) dan China.

Setelah ini, keduanya akan memperkenalkan teknologi 5G dan meluncurkan jaringan percontohannya di Rusia pada 2019-2020. Kabar ini mengutip pemberitaan dari bussinerinsider.com

Kesepakatan ini tercapai pada hari pertama kunjungan Presiden China XI Jinping ke Rusia, untuk bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Xi juga menyebut Putin sebagai teman baik dan karib dalam kunjungannya.

Dilansir dari Business Insider kerja sama ini merupakan eskalasi yang menonjol dari perang dingin antara AS dan China. Negeri Paman Sam melarang perusahaan teknologinya bekerja sama dengan perusahaan teknologi China. Presiden AS menyebut Huawei sebagai ancaman nasional.

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo juga mengancam sekutu AS di Eropa jika tidak menjauhkan diri dari perusahaan China.

Deputy Chairman and Rotating Chairman of Huawei Guo Ping mengatakan sangat senang dengan kerja sama ini, terutama di bidang kepentingan strategis seperti 5G.

Kerja sama raksasa teknologi ini juga membawa hubungan bilateral China dan Rusia ke tahap selanjutnya, yakni kemitraan strategis dan komprehensif di era baru.[CNBC Indonesia]

Categorised in: Serba Serbi, Tahukah Kamu ?

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.